Resep Sehat Minuman Herbal dari Si Kuning Kunyit

Foto: Internet

Tubuh yang sehat selalu menjadi prioritas manusia hingga saat ini. Apalagi kondisi dunia saat ini yang sedang berjuang melawan pandemi COVID-19. Setiap manusia berjuang supaya terhindar dari virus tersebut. Salah satu cara yang dilakukan ialah dengan meningkatkan kekebalan tubuh atau sistem imun.

Menurut penjelasan dr. Anandika Pawitri yang mengutip dari Sehatq.com, sistem imun yang berfungsi sebagai kekebalan tubuh berguna untuk menyerang sel-sel yang berpotensi menimbulkan penyakit. Agar imun tubuh Sahabat Ukhuwah tetap berada dalam kondisi optimal, kalian harus memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh.

Nah, kali ini kami akan berbagi resep sederhana untuk Sahabat Ukhuwah yang di rumah aja nih. Selagi di rumah, yok kita lakukan hal-hal yang bermanfaat. Apalagi untuk kesehatan tubuh Sahabat Ukhuwah sendiri.

Salah satu bahan yang digunakan ialah si kuning yang miliki banyak manfaat. Si kuning atau kunyit ini merupakan rempah-rempah yang biasa disajikan untuk makanan dan obat herbal. Dilansir dari alodokter.com, warna kuning pada kunyit menunjukkan bahwa rempah ini mengandung kurkumin. Kurkumin merupakan antioksidan yang turut berperan dalam menunjang fungsi sistem kekebalan tubuh. Zat ini juga memiliki sifat antiradang yang diyakini dapat membantu mengatasi osteoarthritis dan rheumatoid artritis.

Tak hanya itu, kunyit bahkan memiliki potensi untuk mengurangi risiko terjadinya sejumlah penyakit serius, seperti diabetes, demensia, gangguan jantung, hingga tumor. Meski begitu, manfaat kunyit sebagai obat herbal untuk mengatasi berbagai penyakit masih perlu diteliti lebih lanjut

Berikut bahan-Bahan yang harus Sahabat Ukhuwah sediakan :

  1. Kunyit
  2. Jahe
  3. Serai
  4. Madu
  5. Jeruk Lemon

Langkah yang perlu dilakukan:

  1. Rebus Air sampai mendidih
  2. Potong kecik bahan yang sudah disediakan
  3. Masukan bahan seperti jahe, kunyit, dan serai yang telah di potong ke air yang mendidih
  4. Tunggu beberapa menit sampai air rebusan berubah warna dan bahan naik ke permukaan
  5. Tiriskan ke dalam cangkir
  6. Kemudian masukan perasan jeruk lemon sesuai selera
  7. Masuk madu satu sedok makan
  8. Minuman siap dikonsumsi

Selamat mencoba ya Sahabat Ukhuwah, semoga bermanfaat. Jangan lupa berbagi kepada keluarga, sahabat dan teman lainnya. Semoga sehat selalu dan imun tubuh tetap optimal ya 🙂

Reporter: Siti Srijaya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *