Sadis dan Sedih, Inilah Pesan Dibalik Film Squid Game

Sumber: Gensindo

Akhir-akhir ini salah satu serial Netflix, Squid Game sukses menarik perhatian banyak orang. Serial yang dirilis pada 17 September 2021 lalu ini memiliki alur cerita yang tidak biasa dalam setiap episodenya.

Squid Game menceritakan sekumpulan orang yang berkompetisi dalam permainan misterius. Namun, bukan permainan biasa, melainkan game yang mempertaruhkan nyawa. Para peserta akan melalui enam tahap permainan untuk merebutkan hadiah utama yaitu uang tunai yang disimpan di piggybank (celengan kaca berbentuk babi) senilai 45,6 miliar won

Serial bergenre thriller ini dibintangi oleh aktor korea ternama dan pendatang baru, seperti Lee Jung Jae, Park Hae Soo, Wi Ha Joon, dan Jung Ho Yeon. Di dalam Serial Squid Game, banyak pelajaran hidup ataupun pesan moral yang dapat kita ambil.

Nah, beberapa pelajaran yang bisa kita aplikasikan dalam kehidupan sehari hari, yaitu :

1. Hindari Berjudi

Pada episode pertama menggambarkan tokoh utama, Gi Hun yang hanya menggantungkan hidupnya dengan berjudi. Karena tak memiliki pekerjaan serta keterampilan Gi Hun akhirnya terjebak  dalam hutang piutang yang semakin banyak. Film ini menunjukkan bagaimana seseorang  menjadi begitu kecanduan karena berjudi dan pada akhirnya hutang pun semakin menumpuk. Mereka mempertaruhkan segalanya untuk kemenangan yang tidak pasti. 

2. Susun Strategi Untuk Mencapai Kesuksesan

Setiap permainan dalam serial ini selalu dilakukan dengan strategi serta pemikiran yang matang. Mulai dari bagaimana cara mengendalikan emosi, hingga melakukan cara-cara cerdik untuk lolos ke babak game selanjutnya.

Sama seperti permainan, dalam menjalani hidup kita perlu perencanaan strategi yang matang serta Penguasaan Kompetensi dalam diri, dan terakhir  berhenti untuk Membandingkan diri sendiri dengan orang lain.

3. Jangan Terlalu Baik Dengan Orang

Punya sikap baik merupakan hal yang bagus tetapi jangan sampai kita terlalu baik dengan orang lain karena bisa dimanfaatkan.

Contohnya saja pada Ali, ia sangat menghargai kebaikan Cho Sang-woo. Ali diberikan ongkos untuk pulang ke rumahnya. Ali pun ingin membalas kebaikan pada Cho Sang-woo, tapi usaha itu malah dimanfaatkan Cho Sang-woo untuk kepentingannya sendiri.

4. Memikirkan Diri Sendiri Bukan Berarti Egois

Dalam situasi tertentu yang mendesak, terkadang kita harus mendahulukan kepentingan diri sendiri dibanding orang lain. Di sisi lain, kita juga jangan sampai bergantung berlebihan pada orang lain. Dalam survival game, tiap orang mesti menyelamatkan diri mereka masing-masing, dan ini pula yang membuat tiap orang tak bisa bergantung sepenuhnya pada orang lain.

5. Sumber Kebahagiaan Tidak Melulu Tentang Materi

Di episode akhir, penonton akan mengetahui apa sebenarnya alasan di balik pembuatan game tersebut. Dari situ kita dapat belajar bahwa kebahagiaan sesungguhnya bukan dari materi ataupun harta yang kita miliki. Ada salah satu ungkapan menyentuh dan mengandung banyak makna di dalamnya.

Ungkapan tersebut disampaikan oleh tokoh Oh Il-nam dalam serial Squid Game, “ada persamaan antara orang yang tidak memiliki uang dengan orang yang memiliki terlalu banyak uang, hidup sama-sama tidak menyenangkan bagi mereka. Jika kau punya terlalu banyak uang, apapun yang kau beli akan membosankan pada akhirnya.”  

Reporter: Odelia Winneke Putri
Editor: Bunga Yunielda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *