Rektor UIN RF Lantik Pimpinan Baru

Foto: IST

UIN RF – Ukhuwahnews | Masuki Periode Kepemimpinan baru Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Fatah Palembang Prof. Nyanyu Khodijah, S. Ag., M. Si melantik jajaran Pejabat baru. Pada hari Jum’at, (7/8/20) di Gedung Rektorat Lantai.III UIN Raden Fatah Palembang.

Dilansir dari web resmi UIN Raden Fatah Palembang Rektor UIN mengatakan, pekerjaan 4 tahun ke depan tidaklah mudah. Ibu bapak yang dilantik karena dipercaya dapat mengemban amanah ini berdasarkan tiga kriteria, yaitu kualitas, loyalitas, dan berintegritas. Kualitas diukur dari kompetensi yang dimiliki meski saya yakin tetap saja punya kelemahan karena tidak ada manusia yang sempurna. Loyalitas dilihat dari kesetiaan pada lembaga, bukan pada orang per orang atau kelompok, berintegritas diukur dari ketaatan pada norma-norma yang berlaku.

“Sebagai langkah awal, kita akan memulai pekerjaan kita dengan melakukan pemetaan terhadap berbagai permasalahan yang kita hadapi saat ini. Salah satu tugas besar kita berkaitan dengan akreditasi dan rangking universitas”.

Selaku Sekretaris Pelaksana Mahdi Zanapel, SH mejelaskan, sebelum memasuki hari pelantikan telah dipersiapkan beberapa hari sebelumnya untuk melengkapi beberapa persyaratan yang sudah ditetapkan, selain itu pendaftaran dibuka untuk seluruh Dosen UIN yang memiliki kualifikasi sesuai dengan persyaratan yang ada.

“Sudah kita laksanakan pendaftaran lebih kurang 5-6 hari dan untuk semua dosen diperbolehkan mendaftar, tetapi dengan catatan harus memenuhi persyaratan yang telah ditetapkan melalui STATUTA di UIN. Salah satunya itu harus Lektor Kepala bukan pangkat tapi Lektor Kepala dan yang lebih jelas yang kita ambil itu pangkat fungsionalnya,” ucapnya.

Selanjutnya Mahdi juga menambahkan, ada 39 berkas yang diterima oleh pihak Panitia Pemilihan dan dua berkas dieliminasi karena tidak memenuhi salah satu syarat administrasi pendaftaran. Tahap selanjutnya diberikan kepada Rektor untuk melakukan pemilihan.

“Kita menerima sekitar 39 orang yang mendaftar setelah pendaftaran itu ada dua hari untuk penyeleksian berkas. Selanjutnya kita serahkan kepada Ibu Rektor sekitar 37 berkas, ada 2 yang memang tereliminasi karena tidak Lektor Kepala,” tegasnya.

Setelah menerima berkas pihak panitia memiliki dua hari untuk melakukan penyeleksian administrasi dari pemilihan yang dilakukan oleh Rektor UIN didapatkan 13 Dosen yang memiliki persyaratan yang tepat kemudian diumumkan melalui acara pelantikan yang sudah dilaksanakan pagi hari sampai dengan selesai.

Berikut Nama-nama yang dilantik untuk masa bakti 2020-2024, berdasarkan SK Rektor No. B-941/Un.09/1.2/Kp.07.6/08/2020 tanggal 6 Agustus 2020.

  1. Dr. Muhammad Adil, M.A. sebagai Wakil Rektor I Bidang Akademik dan Kelembagaan
  2. Dr. Abdul Hadi, M.Ag. sebagai Wakil Rektor II Bidang Administrasi Umum, Perencanaan, dan Keuangan
  3. Dr. Hj. Hamidah, M.Ag. sebagai Wakil Rekotr III Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama
  4. Prof.H. Duski Ibrahim, M.Ag. sebagai Direktur Pascasarjana UIN Rafah Palembang
  5. Dr. Marsaid, M.A. sebagai Dekan Fakultas Syari’ah dan Hukum (FSH)
  6. Prof. Dr. Abdullah, M.Ed. sebagai Dekan Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FIKTK)
  7. Prof. Dr. Izomiddin, M.A. sebagai Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP)
  8. Dr. Zuhdiyah, M.Ag. sebagai Dekan Fakultas Psikologi Islam (FSI)
  9. Prof. Dr. Ris’an Rusli, M.A. sebagai Dekan Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam (FUSHPI)
  10. Dr. Endang Rochmiatun, S.Ag., M.Hum. sebagai Dekan Fakultas Adab dan Humaniora (FAHUM)
  11. Dr. Achmad Sayarifuddin, S.Ag., M.Ag. sebagai Dekan Fakultas Dakwah dan Komunikasi (FDK)
  12. Dr. Heri Junaidi, M.A. sebagai Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI)
  13. Dr. Munir, M.Ag., sebagai Dekan Fakultas Sains dan Teknologi

Selain itu Dekan baru Fakultas Dakwah dan Komunikasi Dr. Achmad Sayarifuddin, S.Ag., M.Ag. juga menyampikan beberapa visi dan misi beliau saat diwawancarai melalui WhatsApp.

“Saya dan Jajaran yang baru dilantik diberikan amanah untuk mengemban visi dan misi institusi yakni mewujudkan universitas yang berstandar internasional berwawasan kebangsaan dan berkarakter keislamian untuk Fakultas Dakwah dan Komunikasi sendiri akan menjadi lending sektor untuk mengembangkan informasi yang menjembati universitas dengan instansi terkait baik pemerintah maupun swasta,” katanya.

Team Ukhuwah juga mendapatkan data tambahan dari Sekretaris Pelaksana Mahdi Zanapel, SH. Ia menyampaikan ada berita penyerahan berkas dari panitia dan yang memilih calon jajaran ialah Rektor karena memang amanat peraturannya begitu. Peraturannya dari PMA (Peraturan Menteri Agama) dan menurut STATUTA kita juga begitu, syaratnya harus menurut STATUTA kita, karena jelas di STATUTA nya. Kalau jabatan-jabatan itu ada di OTAKER syarat wajib mendaftar dari sekian banyak persyaratan ialah Lektor Kepala Dosen.

Reporter: Khofifa

Editor: Rezzy Saputra

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *