Pengendalian COVID-19: PMI Muba Lakukan Kegiatan Edukasi Kesehatan dan Penyemprotan Disinfektan

Relawan Palang Merah Indonesia (PMI) Musi Banyuasin lakukan penyemprotan sejumlah rumah ibadah dan perkantoran di Sekayu, Musi Banyuasin, Jumat (20/03/2020). Ukhuwahfoto/Sobarudin.

Sekayu, Muba – Ukhuwahnews | Menindaklanjuti sembilan langkah pengendalian COVID-19 PMI Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) melakukan Kegiatan Edukasi Kesehatan dan Penyemprotan Disinfektan di Fasilitas-fasilitas umum. Hal ini diungkap oleh Ketua PMI Muba, Beni Hernedi didampingi oleh Sekretaris PMI Muba Syafaruddin, Jum’at (20-03).

Menurut Beni, Pengurus PMI Muba telah mengerahkan seluruh relawan untuk melaksanakan arahan dari Ketua Umum PMI Pusat, diawali dari Kota Sekayu dan diikuti oleh seluruh Pengurus beserta relawan disetiap Kecamatan dalam Wilayah Muba.

“Alhamdulilah kita bersyukur sejauh ini belum ada kasusu positif Covid-19 di Muba, namun ini menjadi langkah awal PMI untuk antisipasi. Karena penting dalam meningkatkan kewaspadaan kita atas serangan virus Corona yang sangat cepat dalam penyebarannya,” ujar Ketua PMI yang juga Wakil Bupati Muba ini.

Lebih lanjut Beni menyampaikan, dalam kegiatan edukasi masyarakat ini akan memprioritaskan dan membantu pemerintah Kabupaten Muba dalam memberikan pemahaman kepada warga akan pentingnya mematuhi himbauan “Social Distancing” dari Pemerintah.

“Untuk menghambat penyebaran COVID-19 kita harus mengurangi jumlah aktivitas di luar rumah dan interaksi dengan orang lain, mengurangi kontak tatap muka langsung, termasuk menghindari pergi ke tempat-tempat yang ramai dikunjungi. Namun bila seseorang dalam kondisi yang mengharuskannya berada di tempat umum, setidaknya perlu menjaga jarak sekitar 1,5 meter dari orang lain,” jelasnya.

“Ingat, COVID-19 OUTBREAK ini merupakan kondisi yang sangat serius. Kita bisa menginfeksi orang lain atau sebaliknya kita terinfeksi dari orang lain. Oleh karena itu diperlukan adanya “Self-Isolation” dengan disiplin tinggi pasti akan meminimalisir penularan dan mengurangi korban dari COVID-19. Kita berdoa bersama semoga Muba selalu dalam lindungan Tuhan Yang Maha Kuasa dan Zero COVID-19,” imbau Beni.

Sementara itu, Sekretaris PMI Muba Syafaruddin mengatakan, kegiatan penyemprotan disinfektan hari ini telah dilakukan di 15 tempat ibadah, 1 panti asuhan, 2 kawasan pemukiman, 6 perkantoran, 12 tempat pelayanan, 2 area publik, 2 kawasan usaha, 2 perempatan jalan dan 2 kawasan pendidikan.

“Sesuai arahan Ketua PMI Muba, kegiatan Edukasi Kesehatan dan Penyemprotan disinfektan terus akan dilakukan secara berkala dan juga menyasar fasilitas-fasilitas publik lainnya,” jelas Safaruddin yang juga menjabat sebagai Kepala Badan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Muba ini.

Senada dengan itu, Wakil Ketua Bidang Humas dan Publikasi PMI Muba Dicky Meiriando mengatakan, PMI Muba sedang mempersiapkan Pusat Informasi COVID-19 guna membantu dan mendukung Pemerintah Kabupaten Muba dalam Penanganan COVID-19.

“Melalui Pusat Informasi COVID-19 PMI Muba akan mengaktifkan kanal-kanal komunikasi yang ada seperti website pmimuba.or.id, media sosial, serta melibatkan Para Tenaga Suka Rela (TSR) Humas PMI Muba untuk membantu memberikan edukasi kesehatan terkait informasi-informasi pencegahan COVID-19 baik secara online maupun offline yang berpedoman pada Protokol Komunikasi Publik,” tutupnya.

Kontributor: Sobarudin

Editor: Rezzy Saputra

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *