Patuhi Surat Edaran Mendikbud, UIN RF Terapkan Kuliah Daring Hingga Akhir Semester Ganjil

Screenshot Surat Terbuka Wisuda ke-73 oleh Rektor UIN Raden Fatah Palembang

UIN RF – Ukhuwahnews | Mematuhi  Surat Edaran Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik indonesia (Mendikbud), Rektor UIN Raden Fatah (UIN RF) Palembang Sirozi memutuskan akan terapkan kuliah daring sampai akhir semester ganjil.

Dilansir dari Instagram UIN Raden Fatah Palembang dalam pidato dengan judul Surat Terbuka Wisuda ke-73, Sirozi mengatakan, UIN RF akan mengikuti surat edaran yang ditetapkan sejumlah menteri yang berisi larangan melakukan kuliah tatap muka.

“Karna sejumlah menteri seperti, Mentri Koordintor Pembangunan Manusia dan Kebudayaan,  Mendikbud,  Menteri Agama dan Menteri Kesehatan, menetapkan larangan kuliah tatap muka diperguruan tinggi hingga akhir semester 2020-2021,” ujarnya saat menyampaikan pidatonya. Sabtu (11/7/20).

Menanggapi hal tersebut,  salah satu Dosen Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi Anggini,  merasa prihatin mengenai larangan kuliah tatap muka. Menurutnya, kuliah daring dianggap kurang efektif dalam pembelajaran.

“Selain tidak efektif, mahasiswa akan merasa kesulitan mengikuti kuliah daring ini seperti sinyal kurang mendukung yang membuat mahasiswa kurang memperhatikan materi yang diberikan dosen,” tuturnya saat diwawancarai melalui pesan WhatsApp.

Anggini juga menambahkan, dosen akan kesulitan mengatur kedekatan dengan mahasiswa untuk melihat potensi dari mahasiswa tersebut.

“Dengan bertatapan langsung kami akan lebih mudah mengetahui kekurang dan kelemahan setiap mahasiswa, ” ujarnya.

Selaras dengan Anggini, Mahasiswa Program Studi Perbankan Syariah,  Muhammad Akhi Albar mengatakan kesulitan dalam menyerap ilmu yang diberikan dosen saat kuliah dilakukan dengan daring.

“Kuliah online itu tidak akan efektif bagi mahasiswa dalam menerapkan ilmu. Sebagian mahasiswa  juga terhalang dengan sinyal dan biaya yang  dikeluarkan untuk membeli kuota dengan jumlah biaya tidak sedikit,” katanya.

Akhi berharap,  semoga Covid -19 ini segera hilang agar semua kembali seperti semula dan kampus dapat dibuka kembali.

“Semoga Covid-19 benar-benar menghilang dari permukaan bumi dan seluruh aktivitas bisa kembali stabil terkhusus tempat pembelajaran agar bisa dilakukan kuliah tatap muka kembali,” pungkasnya.

Reporter : Reza dan Bunga

Editor : Siti Srijaya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *