PMI Tameng Garda Terdepan Penanganan Covid-19

Sumber : Bobo.id

Penulis : Krisna Aldrin Gunawan (Pengurus LPM Ukhuwah)

Sudah dua tahun tenaga medis berjuang di garda terdepan dalam menangani kasus Covid-19 yang terjadi di Indonesia. Tenaga medis bekerja keras dan tak jarang tempat-tempat umum di alihfungsikan sebagai tempat penanganan pasien Covid-19, dan dengan banyaknya kasus infeksi Covid-19 yang terjadi di Indonesia akhir-akhir ini membuat tenaga medis menjadi kewalahan. Ini berati indonesia sedang kekurangan tenaga medis.

Namun, tak hanya tenaga medis yang berperan dalam melawan virus Covid-19 di garda terdepan, Palang Merah Indonesia (PMI) sebagai salah satu organisasi yang bergerak dalam bidang sosial kemanusiaan juga turut andil dalam penangan Covid-19 selama masa pandemi.

Dikutip dari Kompas, Ketua Umum PMI, Jusuf Kalla berperan sebagai pencegah penularan virus sesuai tiga strategi yaitu, sterilisasi kota melalui penyemprotan disinfektan, edukasi masyarakat dalam melakukan pencegahan mandiri, dan strategi terkahir memberikan bantuan sosial berupa paket hidup bersih dan sehat.

Peran PMI dalam penanganan Covid-19 sangat penting dimana aspek kehidupan dalam masyarakat yang menghadapi pandemi mengalami perubahan, Seperti kekurangan tenaga medis dalam penanganan bencana ini.

Masih dari sumber yang sama, kasus yang terjadi di India Tsunami Covid-19 yang menyebabkan angka kematian melonjak tinggi dengan 421.000 kasus dan hampir 4000 kematian harian. India terlena pada gelombang pertama yang berhasil mereka lewati sehingga mereka terlalu cepat merayakan kemerdekaan atas kemenangan melawan virus Covid-19 pada gelombang tersebut. Dengan kemenangan itu Masyarakat mulai mengabaikan protokol kesehatan, seperti memakai masker, dan menjaga jarak.

Berkaca pada kasus diatas PMI seharusnya turut mengambil langkah agar kasus Covid-19 di Indonesia tidak seperti yang terjadi di India, PMI dan tenaga medis harus bekerja sama dimana tenaga medis berperang di garda terdepan untuk melakukan contact tracing dan tracking (penyelidikan kasus dan investigasi wabah) serta fasilitas dan pemberdayaan masyarakat.

Sedangkan PMI berperang di garda terdepan sebagai tameng dalam pencegahan penularan Covid-19 dengan strategi yang seperti disampaikan ketua umum PMI. Dengan begitu angka kasus terjangkit dan angka kematian akibat virus Covid-19 dapat diatasi dengan efektif.

Editor : Bunga Yunielda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *