Peluang Usaha Mahasiswa Tingkat Akhir Dimasa Pandemi Covid-19

Sumber : http://dunia-ikan-hias.blogspot.com

Penulis :  William Reinaldi, mahasiswa Prodi Ilmu Perpustakaan UIN Raden Fatah Palembang

Saat ini dunia sedang diguncangkan oleh kemunculan virus yang berasal dari Wuhan, China, yaitu Virus Corona atau dikenal dengan Covid-19. Kemunculan virus ini memberi dampak yang cukup besar dalam berbagai bidang seperti ekonomi, pendidikkan, bisnis, sosial dan lain sebagainya. Keresahan akan adanya virus ini dirasakan oleh seluruh masyarakat bahkan di seluruh dunia.

Bagaimana tidak, penyebaran virus corona terbilang sangat cepat, bahkan WHO (World Heath Organization) pernah mengumumkan bahwa penyebaran Virus Corona bisa terjadi melalui udara, dan penularannya dapat melalui droplet saat seseorang terbatuk, bersin, berbicara, sentuhan.

Oleh karena itulah diterapkan physical distancing dan social distancing hampir di seluruh dunia, di mana masyarakat harus selalu berjaga jarak antar diri, bahkan hingga tidak diperbolehkan keluar rumah dan mendatangi keramaian.

Dengan adanya pembatasan ini membuat segala aktivitas menjadi terkendala, pekerjaan di kantor menjadi terbatas, kegiatan perekonomian (jual-beli) menurun drastis. Begitupun kegiatan belajar-mengajar di sekolah maupun di perguruan tinggi.

Bagi mahasiswa disetiap universitas telah menjalankan kuliah online demi tetap berjalannya kegiatan jam kuliah. Sama halnya mahasiswa tingkat akhir yang sedang berjibaku menyelesaikan tugas akhirnya. Semua dilakukan secara online, mulai dari konsultasi atau pengajuan judul, seminar proposal, pengajuan berkas persyaratan ujian, sidang skripsi, bahkan wisuda.

Dengan diberlakukannya kegiatan-kegiatan kampus secara online ini membuat waktu mahasiswa tingkat akhir dihabiskan hanya dirumah saja. Nah, alangkah baiknya jika waktunya ini dimanfaatkan dengan memulai bisnis rumahan agar dapat menambah dana pemasukan.

Salah satu peluang bisnis yang dapat dilakukan oleh mahasiswa akhir, tidak perlu mengeluarkan biaya awal cukup banyak dan tidak memerlukan lahan luas atau ruangan khusus yaitu bisnis ikan hias. Contohnya ikan cupang, ikan guppy, ikan molly, dan lain sebagainya.

Mengapa ikan hias? Yap. Karena ikan hias saat ini mudah untuk kita dapatkan dan mudah juga untuk dibudidayakan. Bahkan jika kita ingin membudidayakannya, kita tidak perlu membeli indukannya terlebih dahulu, dikarenakan kita bisa meminjam dari teman kita yang sudah memilki indukan sebelumnya.

Selain itu, saat ini ikan hias sedang naik daun dan digemari oleh masyarakat Palembang mulai dari anak-anak hingga ke orang tua. Untuk membudidayakan ikan hias ini tidaklah terbilang sulit dan tidak memerlukan tempat yang luas serta tidak memakan waktu yang cukup lama untuk manghasilkan keuntungan.

Hal ini karena ikan hias yang berumur dua atau tiga bulan sudah dapat diperjual-belikan. Untuk pemasarannya pun terbilang mudah, kita bisa menggunakan media sosial seperti WhatsApp, Facebook ataupun Instagram.

Dengan membudidayakan ikan hias ini mahasiswa tingkat akhir dapat meraup keuntungan yang sangat menjanjikan. Bagaimana tidak ikan hias saat ini bisa kita jual dengan harga mulai dari belasan ribu bahkan sampai dengan ratusan ribu. Keuntungan dapat, skripsi pun selesai.

Editor : Bunga Yunielda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *