Mental Tangguh, Serba Bisanya Wanita di Tengah Corona

Ilustrasi by : Rachmat Prasetyo

Penulis : Delta Septiasmara (Penggurus Harian LPM Ukhuwah)

Opini-Ukhuwahnews| Wanita, sosok yang sangat penting sekaligus mendominasi dalam setiap aspek. Mendengar kata wanita biasanya kita langsung tertuju pada figur ibu, dan pada International Women’s Day (IWD) yang diperingati setiap 08 Maret, ditahun 2021 ini mereka menjelma menjadi orang serba bisa dan melawan mental dalam menghadapi krisis pada masa Pandemi Covid-19 yang masih ada sampai sekarang.

Mengutip dari situs resmi IWD, dalam sejarahnya peringatan ini berawal pada tahun 1900-1913, dalam diskusi panjang mengenai IWD terkait banyaknya penindasan pada kaum hawa, dan memacu para wanita untuk lebih vokal dalam menyuarakan perubahan.

Perempuan di seluruh dunia akan merayakan hari IWD, namun sangat disayangkan dalam kondisi saat ini yang menuntut segala kegiatan maupun aspek kehidupan berubah total, banyak sekali kesulitan yang muncul dan harus dihadapi oleh setiap orang, dan kita semua pasti merasakan dampak tersebut.

Dengan ini juga, wanita merupakan orang yang paling banyak berperan di tengah kesulitan dunia, wanita dituntut menjadi guru untuk anaknya, menjadi orang kreatif demi berputarnya perekonomian keluarga, di samping dari tugas pokok yang sudah menjadi rutinitas sehari-hari. Tentu saja ini menjadi tekanan, baik mental maupun fisik mereka, dan hal ini juga yang memicu meningkatnya kasus kekerasan pada wanita.

Dilansir dari Kompas.id, pada tahun 2020 saja kasus kekerasan meningkat tajam yaitu sebanyak 1.178 laporan kekerasan terhadap perempuan dan anak, dan jumlah ini meningkat dibandingkan tahun 2019 yang tercatat ada 794 kasus dan 837 kasus ditahun 2018. Bukan tidak mungkin akan terus bertambah ditahun 2021, dengan keadaan yang masih sama ditahun sebelumnya.

Terlepas dari kasus kekerasan maupun tindak kriminal yang melibatkan wanita, ada banyak tokoh maupun figur yang memberikan contoh serta inspirasi bagi wanita dan orang banyak.

Dengan adanya virus yang berasal dari China ini banyak inovasi baru yang tercipta dari pemikiran kreatif wanita-wanita di seluruh dunia, selain itu saat ini kita memiliki waktu cukup banyak untuk dihabiskan bersama keluarga, ini juga memicu keharmonisan keluarga, baik itu ibu dan anak, maupun suami dan istri.

Perayaan IWD ditahun ini saya dan mungkin kita semua mengharapkan, bahwa penindasan terhadap wanita atau gender bisa perlahan berkurang, terlalu banyak wanita inspiratif untuk hanya dijadikan sosok lemah yang mudah ditindas.

Ada banyak hal luar biasa yang hadir dari sosok wanita, contoh yang sering kita jadikan tauladan yaitu, Raden Adjeng Kartini. Beliau adalah sosok yang selalu mengedepankan emansipasi wanita, dan sangat berpengaruh terhadap kesejahteraan wanita pribumi saat ini.

Kepekaan dan keperdulian untuk melindungi wanita dan menegakkan haknya, merupakan salah satu hadiah yang bisa kita beri untuk seluruh wanita di dunia, mulai dari kita untuk semua dan perubahan lebih baik nantinya.

Editor : Bunga Yunielda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *