Mengenal Prodi Ilmu Perpustakaan

Penulis: Sari Nurhidayati (Mahasiswa Prodi Ilmu Perpustakaan UIN Raden Fatah Palembang)
Ilustrasi: Rafael Cosquiere/Pexels.com

Prodi Ilmu Perpustakaan emang ada? Belajar tentang apa? terus keluar dari sana bakal jadi apa?

Pertanyaan seperti itulah yang biasa didapat kebanyakan mahasiswa baru ketika akan memulai kuliah di program studi (prodi) Ilmu Perpustakaan khususnya di UIN Raden Fatah Palembang.

Ilmu perpustakaan sebenarnya bukanlah prodi yang langka di Indonesia. Beberapa perguruan tinggi negeri besar seperti Universitas Indonesia, Universitas Gajah Mada, UniversitasAirlangga, Universitas Padjajaran, dan universitas lainnya juga telah ada sejak lama. Namun, jurusan ini memang bukanlah jurusan favorit dari sebagian kalangan sehingga membuatnya tidak cukup terkenal dihalayak ramai.

Lalu, seperti apa prodi Ilmu Perpustakaan itu?

Menurut sebagian orang awam mendeskripsikan prodi Ilmu Perpustakaan adalah prodi yang mempelajari tata letak menyusun buku dan cara meminjam atau mengembalikan buku. Kemudian mempelajari cara menjaga buku-buku yang ada disebuah perpustakaan.

Akan tetapi, kenyataannya prodi ilmu perpustakaan itu berbeda dari apa yang difikirkan banyak orang. Mengolah dan menyebarkan informasi dari berbagai bidang studi di seluruh Indonesia dengan baik dan benar. Sesuai dengan kebutuhan pengguna serta mengikuti perkembangan zaman yang kian meningkat adalah sebuah pekerjaan yang tidak mudah dan butuh pengetahuan lebih agar dapat dimanfaatkan oleh banyak orang yaitu merupakan focus utama dari kuliah di prodi Ilmu Perpustakaan.

Selain mendalami teori, mahasiswa Ilmu Perpustakaan dituntut untuk dapat melakukan segala sesuatu yang berhubungan dengan teknologi multimedia. Karena untuk mempertahan sebuah perpustakaan sebagai jantungnya dunia agar tetap eksis, maka para pustakawan (ahli perpustakaan) berusaha keras untuk mengimprovisasi dan berinovasi perpustakaan digital untuk memenuhi kebutuhan pemustaka, seperti memberikan layanan temu balik informasi yang cepat dan tepa. Kemudahan dalam mengkases segala sesuatu yang berhubungan dengan teknologi dan menyediakan berbagai fasilitas yang dapat mendukung kenyaman pemustaka.

Sebagian mahasiswa prodi ilmu perpustakaan sangat tidak menyangka bahwa yang mereka pelajari selama kuliah adalah di luar apa yang dibayangkan, akan tetapi hal tersebut secara tidak langsung mencetak alumni yang berwawasan dan berkualitas. Tidak sedikit alumni perpustakaan yang telah menempuh gelar sarjana ilmu perpustakaan (S.IP) telah mendapat pekerjaan sesuai dengan bidangnya. Seperti bekerja diberbagai sekolah negeri di kota Palembang, Akademi Kebidanan, Bank Sinarmas, Balai Arkeologi Sumsel dan lain sebagainya.

Bahkan beberapa alumni sudah banyak yang melanjutkan studinya ke jenjang S2 ilmu perpustakaan untuk mendalami lagi ilmu yang telah didapat semasa S1 agar wawasan dan ilmu yang di dalami selama ini semakin luas dan dapat dimanfaatkan oleh banyak orang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *