Taklukan Chinese Taipei, Indonesia Melaju ke Kualifikasi Piala Asia 2023

Skuad timnas sepak bola Indonesia.
Sumber foto: IST

Olahraga – Ukhuwahnews | Setelah berhasil menaklukan perlawanan Chinese Taipei dengan skor 2-1 pada Leg Pertama babak play-off piala Asia pada Kamis, (7/10/21) lalu. Indonesia kembali bertemu dengan negara yang sama untuk melakoni laga putaran ke dua.

Bermodalkan selisih 1 gol anak asuhan Shin Tae Yong kembali berhasil membungkam perlawanan Chinese Taipei dengan tiga gol tanpa balas di Stadion Chang Arena, Buriram, Thailand, Senin, (11/10/21) malam.

Babak pertama

Memulai laga dengan agresif, Evan Dimas cs berkali-kali membuat pertahanan lawan ketar-ketir. Beberapa kali secara bergantian Egy Maulana, Adam Alis, Dedik Setiawan, dan Ricky Kambuaya berhasil melakukan serangan yang membahayakan jala gawang lawan.

Puncaknya pada menit 26, Egy berhasil membuka keunggulan tim garuda lewat sepakan ke pojok kiri gawang Chinese Taipei. Gol ini pula yang akhirnya membuat tim lawan bermain lebih terbuka.

Mengandalkan serangan balik, pemain Indonesia beberapa kali membahayakan gawang Chinese Taipei yang dikawal Shin Shin An.

Secara bergantian pada menit 39 dan 41 Dedik bersama Ricky Kambuaya hampir memperlebar keunggulan tim merah putih. Sayangnya, sepakan keduanya berhasil diamankan oleh kiper lawan.

Meski minim serangan, Chinese Taipei bukan tanpa perlawanan, beberapa kali lewat permainan bola mati mereka berhasil memaksa Muhamad Riyandi keluar dari sarangnya untuk mengamankan bola.

Babak kedua

Tak mengubah gaya permainan, dimotori oleh Evan Dimas pasukan Shin Tae Yong berhasil memperlebar kedudukan lewat kerjasama satu dua antara Evan Dimas dan Ricky Kambuaya pada menit ke 53.

Sepakan kaki kiri Ricky gagal ditepis oleh kiper tim lawan, dan berhasil membawa Indonesia unggul 2-0.

Semakin di atas angin, Shin Tae Yong memasukan Abimanyu dan Rumai Rumakik untuk menggantikan Evan Dimas dan Egy Maulana.

Hasilnya, beberapa kali keduanya berhasil membahayakan gawang lawan.

Dari sisi kanan, serangan Indonesia ikut berkontribusi membahayakan pertahanan Chinese Taipei. Witan yang masuk sebagai pemain pengganti berkali-kali membuat penjaga gawang jatuh bangun lewan aksi individunya.

Akhirnya, pada menit ke 92 lewat sepakan mendatar kaki kirinya, Witan berhasil mengubah skor menjadi 3-0 sekaligus mengubur mimpi Chinese Taipei untuk melenggang ke kualifikasi Piala Asia 2023.

Dengan hasil ini, pasukan Shin Tae Yong berhasil melaju ke babak Kualifikasi Piala Asia dan akan tergabung pada pot 4 bersama Nepal, Mongolia, Bangladesh, dan Srilanka.

Susunan Pemain

Indonesia: Muhamad Riyandi, Asnawi Mangkualam, Ryuji Utomo, Victor Igbonefo, Pratama Arhan, Evan Dimas, Ricky Kambuaya, Rachmat Irianto, Adam Alis, Dedik Setiawan, Egy Maulana.

Chinese Taipei: Shin Shin an, Hsieh Peng-Long, Chen Ting-Yang, Ling Mang-Hsin, Cheng Hao, Lin Cheng-Yi, Lin Ming-wei, Emilio Estavez, Li Mao, Wu Chun-Ching, Wu Yen-Shu.

Reporter: M. Firdaus

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *