Lewat Drama Penalti, Italia Juara Euro Dikandang Inggris

Skuad Italia merayakan gelar juara piala Euro 2020 setelah tumbangkan Inggris, Senin, (12/07) dinihari. Sumber : akun resmi Euro2020

Setelah kandaskan Inggris lewat drama adu penalti di Wembley, Senin, (12/07) dinihari. Kini, tim asuhan Roberto Mancini berhak keluar sebagai kampiun Euro 2020.

Babak pertama

Tim The Three Lion secara mengejutkan menciptakan gol cepat saat pertandingan baru berjalan 2 menit. Lewat sepakan keras kaki kiri Luke Shaw, Inggris memimpin 1:0.

Setelah gol cepat tercipta tim Italia langsung berusaha menekan untuk mengejar ketertinggalan, terlihat beberapa kali Chiesa dan kolega membahayakan gawang Jordan Pickford.

Tidak banyak peluang tercipta, Italia yang berusaha mengejar ketertinggalan masih kesulitan menembus rapatnya pertahanan Inggris.

Hingga babak pertama usai tidak ada gol tambahan tercipta, Inggris masih memimpin dengan skor 1:0.

Babak kedua

Masih sama seperti babak pertama, Italia menguasai jalannya laga lewat Ball Possesion. Namun, rapatnya pertahanan Inggris membuat skuad Italia kesulitan menyamakan kedudukan.

Menit 50, Lewat sepakan Free Kick Bernardeschi Italia sempat mengancam jala gawang tim tuan rumah. Sayangnya, sepakannya masih tipis di atas mistar gawang.

Menit ke 61 aksi Chiesa berhasil mengacak-acak pertahanan Inggris, dari sisi kiri ia menusuk ke tengah pertahanan lawan. Tendangan kaki kanannya masih bisa di tepis kiper Inggris Pickford.

Pada laga ini, Pickford cukup bekerja keras menahan gempuran tim asuhan Mancini tersebut. Selain itu, lewat aksinya Chiesa juga mampu menjadi bintang yang terus meneror jala gawang Inggris.

Hasilnya, menit 67 Italia yang terus berusaha menyamakan kedudukan berhasil menciptakan gol lewat aksi dari Bonucci. Centre Back Juventus ini berhasil memanfaatkan bola kemelut di depan gawang Inggris, Italia 1 Inggris 1.

Setelah gol penyama kedudukan tercipta Italia terus memegang kendali permainan, menit 73 mereka kembali mengancam melalui bola lambung didepan gawang Inggris.

Sepakan keras Berardi yang tinggal berhadapan satu lawan satu dengan kiper Inggris masih melambung tinggi.

Hingga waktu 90 menit usai tidak ada gol tambahan tercipta, pertandingan dilanjutkan dengan babak tambahan waktu 2×15 menit.

Babak Perpanjangan Waktu

Tidak banyak peluang tercipta di waktu tambahan 15 menit pertama, Italia pada menit 103 mengancam melalui sisi kiri. Namun, umpan crossing yang mengarah ke Bernardeschi tidak dapat di manfaatkan dengan sempurna.

Pertandingan dilanjutkan 15 menit kedua, dimenit 106 Italia mendapat tendangan bebas di depan kotak penalti Inggris, tendangan Benardeschi kembali bisa di halau Pickford.

Hingga wasit meniup peluit panjang tidak ada gol tambahan tercipta, pertandingan di lanjutkan adu penalti. Penendang pertama dari kedua tim Italia Berardi dan Inggris Harry Kane sukses menjalankan tugas dengan sempurna.

Donnarumma keluar sebagai pahlawan kemenangan tim Italia setelah berhasil menggagalkan sepakan penalti terakhir Inggris. Sumber : akun resmi Euro2020

Penalti

Setelah 2×15 menit tidak ada tambahan gol yang tercipta, pertandingan dilanjutkan ke babak tos-tosan. Hasilnya, penendang pertama dari kedua tim Berardi dan Harry Kane sukses menjalankan tugasnya dengan sempurna.

Penendang kedua Italia Belotti gagal menjalankan tugas, sedangkan penendang kedua Inggris Maguire sukses menjebol gawang Italia ke arah kanan atas.

Penendang ketiga Italia, Bonucci berhasil menyarangkan bola ke sebelah kiri gawang, sedangkan Rashford gagal menjalankan tugasnya setelah sepakannya membentur sebelah kiri tiang gawang Donnarumma.

Lanjut penendang keempat, Italia melalui Bernardeschi berhasil menciptakan gol ke arah tengah gawang. Sementara itu, Sancho gagal melesatkan bola kejala gawang setelah berhasil ditepis oleh Donnarumma.

Italia sebenarnya berpeluang mengakhiri laga lebih dini, jika saja Jorginho tidak gagal melaksanakan tugasnnya. Sayangnya, sepakan datar ke arah kiri berhasil di tepis oleh Jordan Pickford.

Inggris sempat memiliki harapan andai saja Saka, eksekutor terkahir tidak gagal dan berhasil menyamakan kedudukan. Sayangnya, sepakan kerasnya berhasil ditepis Donnaruma.

Dengan hasil itu, Tim Pizza berhasil menjuarai gelaran akbar Euro 2020 di kandang tim Three Lion sekaligus mengubur mimpi Inggris untuk membawa pulang pertama kalinya trofi Euro.

“Football not coming home, yes coming rome,” begitula seruan yang saat ini sedang ramai diperbincangkan di dunia maya. Seruan tersebut bermaksud mengolok kegagalan Inggris membawa pulang trofi juara, dan malah trofi berhasil dibawa pulang Italia ke Roma.

Reporter : Robby Aroct
Editor : Muhamad Firdaus

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *