Kandaskan Spanyol, Italia Melaju Ke Partai Final Euro 2020

Kegembiraan skuad Italia setelah berhasil melaju ke partai final piala Eropa. Rabu, (7/7) dinihari. Sumber : ist

Italia sukses menaklukkan perlawanan sengit Spanyol di semi-final piala Euro 2020, pertandingan yang berakhir imbang 1:1 harus di lanjutkan ke babak adu penalti untuk kemenangan Italia dengan skor 4:2. Rabu (7/7/2021) dinihari.

Babak Pertama

Pertandingan berlangsung sama kuat terlihat sejak awal pertandingan, Spanyol pada menit ke 12 langsung mengancam pertahanan Italia namun sayang peluang Oyarzabal yang berada di depan gawang gagal di manfaatkan untuk menciptakan gol akibat kesalahan kontrol bola yang kurang sempurna.

Dua menit berselang Spanyol kembali melakukan tekanan kali ini berasal lewat tendangan dari luar kotak penalti yang dilakukan Ferran, namun tendangannya masih melenceng di sisi kiri gawang.

Kedua kesebelasan saling jual beli serangan, sayangnya sampai wasit meniup peluit akhir babak pertama. Skor masih sama kuat, 0:0.

Babak kedua

Pada babak kedua Spanyol membuat peluang lebih dulu, crossing tajam yang dilakukan Olmo pada menit ke 49 yang mengarah ke Ferran masih bisa di halau oleh Lorenzo.

Anak asuhan Luis Enrique kembali melakukan serangan lewat sisi kiri pertahanan Italia di menit ke 51, sepakan Sergio Busquets yang menerima umpan dari Oyarzabal masih berada tipis di atas mistar gawang.

Italia langsung merespon dengan serangan balasan malalui sepakan keras dari Chiesa namun masih bisa di halau kiper Spanyol Unai Simon.

Di menit ke 60 serangan balik cepat Italia dari sisi kiri lapangan berhasil membobol gawang Spanyol lewat sepakan Chiesa. Italia memimpin sementara dengan skor 1:0.

Di menit ke 62 Luis Enrique memasukan Alvaro Morata untuk dapat mengejar ketertinggalan.

Tertinggal satu gol Spanyol langsung merespon dengan mengurung tim Italia, serangan terus digencarkan.

Tidak banyak peluang tercipta setelahnya, Italia masih dengan sesekali mengandalkan serangan balik. Di menit ke 79 Italia kembali mendapat peluang melalui sepakan kaki kiri Berardi, namun kembali masih bisa di amankan Unai Simon.

Gol penyama kedudukan tercipta di menit ke 80, Spanyol yang langsung melakukan serangan balasan dari tengah lapangan. Melalui Alvaro Morata berhasil membobol gawang Italia dengan sepakan mendatar kaki kirinya.

Setelah tercipta gol penyama kedudukan Spanyol masih terus gencar melakukan serangan ke pertahanan Italia.

Sampai akhir babak kedua, skor 1:1 terpaksa dilanjutkan ke babak tambahan waktu.

Babak Tambahan waktu

Pertandingan dilanjutkan dengan waktu tambahan 2×15 menit, di babak pertama waktu tambahan pertandingan berjalan alot kedua tim kesulitan menciptakan peluang hingga waktu 15 menit pertama usai skor masih sama kuat.

Di waktu tambahan 15 menit kedua Italia sebenarnya bisa menciptakan gol dari Berardi di menit 109 tetapi dianulir wasit karena berada dalam posisi offside.

Tidak ada gol tercipta hingga akhir waktu tambahan ini, pertandingan di lanjutkan adu penalti.

Bonucci terlihat merayakan kemenangan Italia setelah sukses mengandaskan perlawanan Spanyol lewat adu penalti. Sumber : ist

Adu Penalti

Manuel Locatelli yang menjadi penendang pertama tim Italia gagal menjalankan tugasnya setelah tendangan mendatar ke arah kiri di tepis Unai Simon, sedangkan penendang pertama Spanyol Olmo juga gagal mengeksekusi penalti dengan sempurna setelah tendangannya melambung tinggi di atas mistar gawang.

Setelah itu, empat penendang penalti dari Italia sukses menyelesaikan tugasnya dengan sempurna. Mereka adalah Belotti, Bonucci, Bernardeschi dan Jorginho.

Sedangkan dari tim Spanyol hanya ada dua penendang yang berhasil menyelesaikan tugasnya dengan sempurna yakni Gerard Moreno dan Thiago Alcantara. Penendang terakhir Spanyol, Alvaro Morata gagal menyelesaikan tugasnya dengan baik.

Dengan hasil ini anak asuh Reberto Mancini sukses melaju ke partai Final piala Eropa 2020 menantang tim yang menang antara Inggris vs Denmark yang baru akan menjalankan pertandingan besok.

Reporter : Robby Aroct
Editor : Muhamad Firdaus

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *