Tidak Hanya Foto, Instagram Kini Fokus Fitur Video

Ilustrasi : likigram.com

Ukhuwahnews | Media sosial Instagram semakin berinovasi dan mengembangkan fitur platform terbarunya. Aplikasi yang awal mulanya dikenal sebagai media berbagi foto, baru-baru ini Instagram menyediakan fitur kepada penggunanya yakni Instagram Reels.

Instagram Reels ialah fitur terbaru agar penggunanya bisa membuat video hingga 15 detik dan dapat menambahkan musik serta berbagai filter dan efek. Namun, inovasi terbaru dari Instagram ini menuai berbagai reaksi dari penggunanya yang mana fitur Instagram Reels ini dinilai mirip dengan aplikasi TikTok.

Tak hanya itu, pengembangan yang dilakukan Instagram terhadap platform nya hingga kini terfokus hanya ke video, dari sejak kemunculan fitur  IGTV sampai fitur Live.

Menanggapi hal tersebut, pihak Instagram tidak menepis anggapan penggunannya yang menilai Instagram kini seperti beralih fungsi yang mana hanya fokus pengembangan fiturnya ke konten video. Hal ini ditanggapi oleh Head of Instagram, Adam Mosseri melalui akun twitter nya Kamis, (01/07) lalu.

Sumber : Twitter Adam Mosseri

Menurutnya, kini platform tersebut tengah fokus mengembangkan empat aspek: kreator, video, shopping dan messaging.

“Kami bukan lagi aplikasi berbagai foto atau aplikasi berbagi foto dalam format kotak,” tuturnya dalam video unggahannya tersebut.

Langkah ini tentu diambil karena alasan yang kuat. Menurut riset, alasan utama pengguna memakai Instagram adalah untuk mencari hiburan, dan konten video tengah jadi tren saat ini.

“Jujur saja, saat ini ada persaingan yang sangat serius. TikTok sangat besar, YouTube lebih besar, dan ada banyak pemula lainnya,” tutur Adam.

Di masa mendatang, platform tersebut akan bereksperimen untuk menghadirkan pengalaman menikmati video dengan cara baru: full screen, menarik, imersif dan fokus pada pengguna mobile.

“Kalian akan melihat kami melakukan sejumlah percobaan dalam beberapa bulan ke depan,” pungkasnya.

Reporter: Kemas Prima
Editor : Muhamad Firdaus

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *