Foto: Janjang Saribu, Great Wallnya Nagari Minang yang Terbengkalai

Janjang Koto Gadang atau biasa disebut Janjang Saribu merupakan tembok mengular yang terletak di Koto Gadang, Kabupaten Agam, Sumatera Barat (Sumbar). Dalam bahasa Minang janjang merupakan sebutan untuk anak tangga.

Miniatur Great Wall atau tembok raksasa China ini berukuran panjang 780 meter dengan jalur trekking sepanjang 1,5 kilometer, dapat ditempuh dalam waktu 15-30 menit.

Sembari berjalan di tiap-tiap anak tangga, pengunjung dapat melihat indahnya pemandangan perbukitan Bukittinggi Sumbar.

Sayangnya, kini objek wisata kebanggaan warga Koto Gadang itu tampak terbengkalai. Terhitung semenjak pandemi covid-19 mewabah Provinsi Sumbar.

Menurut warga sekitar, janjang ini sebenarnya sudah ada sejak zaman Kolonial Belanda dengan nama Janjang Batuang. Barulah pada tahun 2013 direnovasi pemerintah dan dijadikan objek wisata baru pada saat itu.

Jalan masuk sebelum anak tangga pertama objek wisata Janjang Koto Gadang, Kabupaten Agam, Sumatera Barat. Senin, (29/11/21). Ukhuwahfoto/M. Firdaus
Terlihat tiap-tiap anak tangga seperti tak terawat dengan daun-daun kering yang berserakan. Ukhuwahfoto/M. Firdaus
Janjang Koto Gadang berada di kawasan perbukitan Bukittinggi. Kini kondisinya sudah banyak ditumbuhi semak belukar. Ukhuwahfoto/M. Firdaus
Kondisi pegangan untuk para wisatawan terlihat sudah patah dan tak dibenahi. Ukhuwahfoto/M. Firdaus

Baca Juga: LPM Suara Kampus Perkenalkan Budaya Minang Lewat Film Surau dan Silek

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *