Lakukan Tindakan Preventif, ACT Palembang Semprot Disinfektan ke JPO dan Halte B SMA 3

Salah satu anggota ACT Palembang menyemprot desinfektan ke jembatan penyeberangan orang dan halte SMU 3. Tindakan tersbut sebagai bentuk preventif terhadap virus Corona. Rabu (18/3/2020). Ukhuwahfoto/MelatiArsik.

Palembang – Ukhuwahnews | Lembaga kemanusiaan Aksi Cepat Tanggap (ACT) melakukan penyemprotan disinfektan di Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) dan halte depan SMA 3 Palembang. Tindakan tersebut sebagai upaya pencegahan menyebarnya virus corona atau Covid-19 di Palembang.

“Kegiatan ini sebagai bentuk aksi kami merespon situasi terkini terkait menyebarnya virus Corona,” ujar Kepala Cabang Palembang, Deni Marlesi pada Rabu (18/3/2020).

Sore hari itu, Deni dan rekan-rekan ACT lainnya beranjak dari markas mereka. Satu orang mengenakan pakaian antivirus berwarna oranye dan membawa alat semprot. Sementara rekan yang lain membagikan masker kepada masyarakat sekitar.

Selain penyemprotan, ACT Palembang juga mendistribusikan masker gratis kepada masyarakat sekitar JPO dan halte. Rabu (18/3/2020). Ukhuwahfoto/MelatiArsik.

Deni melihat kalau tempat-tempat umum sangat rentan terjadinya penyebaran virus dari Wuhan tersebut. “Tempat umum itu sering dilalui masyarakat bahkan bersentuhan langsung, sehingga sangat dimungkinkan penyebaran virus Corana ini di tempat umum,” imbuh dia.

Upaya preventif tersebut akan terus dilakukan dalam jenjang waktu satu hingga dua pekan. Tidak hanya fasilitas tempat umum, ACT Palembang akan mencoba menyentuh titik-titik keramaian lainnya.

Terkait pencegahan, Deni juga memberikan pengetahuan mengenai hidup bersih sebagai penguat bagi imun tubuh. “Kami melakukan edukasi hidup bersih, menjaga etika batuk, dan jaga jarak. Sebisa mungkin masyarakat tidak melakukan aktivitas di luar,” ucap dia.

Tidak hanya hal itu, Deni mengaku pihaknya bakal membagikan hand sanitizer kepada masyarakat Palembang. “Tadi kami sudah melakukan proses peracikan sendiri untuk hand sanitizer,” tambahnya.

ACT yang bekerja sama dengan komunitas Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) mengajak untuk semua pihak terutama komunitas dan perusahan atau masyarakat lainnya untuk melawan corona.

“Kita lakukan bersama-sama, Insyaallah penyebaran ini bisa kia antisipasi,” pungkas dia.

Reporter: Melati Arsika

Editor: Rezzy Saputra

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *