Kuliah Online, Pihak Kampus UIN RF Sosialisasikan e-Learning Raden Fatah

Ilustrasi by : Ilham Panutan

UIN RF – Ukhuwahnews | Menjelang semester baru berbasis Dalam Jaringan (Daring) pihak Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Fatah mengadakan sosialisasi kepada dosen terkait penggunaan e-Learning Raden Fatah. Jumat (9/10/2020).

Wakil Rektor I UIN Raden Fatah, Muhammad Adil mengatakan, e-Learning Raden Fatah menjadi basis kuliah daring yang wajib digunakan dalam kegiatan belajar mengajar.

“Karena semester ini kuliah full daring, maka kita akan menggunakan sistem belajar mengajar yang berbeda. Oleh karenanya, kita akan memberdayakan aplikasi yang sudah dibuat oleh pihak Pusat Teknologi Informasi dan Pangkalan Data (PUSTIPD) kita sendiri,” ujarnya saat diwawancarai di ruangannya.

Ia juga menambahkan bahwa partisipasi dan antusias dari dosen dalam mengikuti sosialisasi e-Learning Raden Fatah sudah sangat meningkat.

“Hampir 300 dosen sudah mengikuti sosialisasi dan simulasi yang diadakan pihak PUSTIPD Jumat, 9 Oktober 2020 pukul 09.00-11.30 tadi,” pungkasnya.

Untuk basisnya sendiri saat ini, e-Learning Raden Fatah belum mendukung komunikasi visual. Namun Wakil Rektor I UIN Raden Fatah tersebut mengungkapkan bahwa, hal ini masih akan terus diusahakan dan dikembangkan oleh pihak PUSTIPD UIN Raden Fatah.

Selaras dengan hal itu Sekretaris Program studi (Prodi) Hukum Keluarga Islam, Armasito mengatakan bahwa, beberapa utusan dosen dari setiap prodi memang sudah diberikan sosialisasi mengenai penggunaan e-Learning Raden Fatah.

“Untuk semester ini penggunaan e-Learning Raden Fatah sedang diikhtiarkan agar bisa dioptimalkan selama kuliah online. Terlebih lagi setelah diperbaharui dan disederhanakan aplikasinya, ini akan memudahkan dosen untuk mengakses dan mempelajarinya,” jelasnya saat diwawancarai diruangannya pada Kamis lalu.

Menanggapi hal tersebut Dekan Fakultas Dakwah dan Komunikasi, Ahmad Syarifuddin mengungkapkan bahwa, secara umum memang e-Learning Raden Fatah sudah memenuhi standar pembelajaran jarak jauh, namun masih terdapat beberapa kendala.

“Ada dua sisi kendala yang dialami, yang pertama pengguna baik dari kalangan mahasiswa maupun dosen yang masih awam dalam penggunaan eLearning. Kedua, jaringan dalam sistem itu sendiri seperti kuota internet, provider atau server yang bermasalah dan hal lainnya,” tuturnya saat diwawancarai via WhatsApp.

Berkenaan dengan kendala tersebut, Mahasiswi Baru UIN Raden Fatah, Putri Ramadhani mengungkapkan bahwa, memang belum ada sosialisasi maupun simulasi yang dilakukan oleh pihak kampus kepada para mahasiswa baru yang masih sangat awam.

Wakil Rektor I UIN Raden Fatah membenarkan hal tersebut, ia mengungkapkan bahwa, panduan dan tutorial untuk mahasiswa masih dalam proses penyelesaian oleh pihak PUSTIPD UIN Raden Fatah dan akan segera di koneksikan langsung ke sistem simak, sehingga dapat di akses oleh seluruh mahasiswa.

Reporter : Febio Siti Karina, Bunga Yunielda, Jeniedya
Editor : Yuni Rahmawati

Satu tanggapan untuk “Kuliah Online, Pihak Kampus UIN RF Sosialisasikan e-Learning Raden Fatah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *