Koordinator PBAK : Mahasiswa Baru Tak Perlu Kecewa PBAK 2020 Diadakan Online

Suasana Pengenalan Budaya Akademik Kampus (PBAK) 2020 secara virtual di Gedung Academic Center UIN Raden Fatah Palembang. Senin, (5/10/20). Ukhuwahfoto : Krisna Aldrin Gunawan

UIN RF – Ukhuwahnews | Pengenalan Budaya Akademik Kampus (PBAK) 2020 Universitas Islam Negeri Raden Fatah (UIN RF) Palembang pertama kali dilakukan secara virtual selama dua hari. Dimulai dari Senin, (5/10/20) sampai Selasa, (6/10/20).

Pada pengenalan kampus tersebut dilakukan dalam bentuk webinar (web seminar) melalui aplikasi zoom dan youtube untuk menambah wawasan dan motivasi peserta mahasiswa baru UIN RF di hari pertama. Terdapat 1000 mahasiswa baru yang bergabung dalam aplikasi zoom dari 4236, dan selebihnya streaming melalui youtube.

Koordinator Acara PBAK Irfan Kholil mengatakan, mahasiswa baru UIN RF tidak perlu kecewa karena PBAK tahun ini diadakan secara online.

“Adik-adik jangan membedakan bahwasanya PBAK yang diadakan secara online ini kurang berkesan, kalian masih dianggap sebagai mahasiswa UIN. Karena pada dasarnya, kita di UIN ini untuk menuntut ilmu dan mencari pengalaman baru,” ujar Irfan.

Menanggapi hal itu, salah satu kakak damping (kadam) Jodi Setiawanmengatakan bahwa kegiatan ini terkendala dalam penggunaan aplikasi. Menurutnya kegiatan ini kurang optimal karena banyak peserta yang kurang mengerti mengenai IT (Information Technology).

“Ditambah peserta PBAK banyak berasal dari daerah yang jaringannya belum stabil. Karena kegiatan PBAK ini menggunakan dua media yang berbeda yang paling banyak menguras kuota internet yakni zoom dan youtube. Sehingga membuat para peserta kurang optimal dalam mengikuti kegiatan tersebut,” ujar Jodi menjelaskan.

Jodi juga berharap dengan adanya PBAK ini ia dapat berbagi pengalaman dengan mahasiswa baru, dan mengajarkan mereka hal-hal yang mengarah pada perkuliahan seperti pengambilan mata kuliah melalui simak dan sebagainya.

Reporter : Annisa Dwilya Budaya
Editor : Yuni Rahmawati

Satu tanggapan untuk “Koordinator PBAK : Mahasiswa Baru Tak Perlu Kecewa PBAK 2020 Diadakan Online

  • 10/07/2020 pada 9:33 pm
    Permalink

    Sewaktu pbak kemarin saya juga banyak mengalami kendala terutama dgn jaringan ,HP yg ngebleng karena sering nya di mainkan

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *