Read Time:1 Minute, 48 Second

Palembang – Ukhuwahnews | Pada kegiatan Sumatera Media Summit (SMS) 2024, Suara.com dan International Media Support (IMS) mengadakan Workshop Local Media Community di Hotel Aryaduta Palembang, Senin (06/05/2024).

Dalam SMS 2024, dua narasumber yang ahli dibidang pengelolaan media memberikan materi Membangun Bisnis Model Untuk Media Lokal kepada para rekan media yang hadir pada Sumatera Media Summit 2024. Kegiatan ini dilaksanakan guna mengetahui cara membangun bisnis model untuk media lokal terutama kepada pemilik media daerah.

Eva Dayananti selaku Country Manager Internasional Media Support (IMS) mengatakan, dalam memulai media penting untuk menentukan model bisnis yang tepat, namun fokus utamanya haruslah memberikan produksi dan distribusi konten bukan sekadar mencari sumber pendapatan.

“Ketika bikin bisnis model tidak langsung ke arah pendapatan, komponennya bagaimana bisa meningkatkan produksi konten, distribusi, teknologi, audiens, dan organisasi nya,” katanya.

Baca juga: DPRD Sumsel dan Disnaskertrans Jawab Tuntutan Dari Ribuan Buruh

Ia juga menuturkan bahwa perlu fokus pada memberikan nilai melalui konten berkualitas yang jelas tujuannya.

“Ketika kita dapat menyajikan konten yang relevan dan bermanfaat kepada audiens, hal ini akan membantu kita memperkuat fondasi bisnis kita,” ujar Eva.

Tidak hanya itu, Eva juga mengatakan bahwa kita perlu memperhatikan beberapa aspek penting dan menarik dalam mengembangkan bisnis model.

“Pada bisnis model, dapat memperhatikan hal-hal yang unik dari media yang dibangun, audiens yang menjadi fokus utama, pemahaman mendalam terhadap kebiasaan audiens, serta kemampuan untuk membangun hubungan yang kuat dengan mereka,” jelasnya saat materi.

Ditempat yang sama CEO Batamnews, Zuhri Muhammad menambahkan penting mempertimbangkan dampak sosial yang dapat diciptakan oleh bisnis atau usaha yang ingin kita mulai agar memberikan kontribusi positif.

“Kita harus mempertimbangkan untuk membuat social impact apabila kita ingin memulai bisnis atau usaha, kita dapat membangun sebuah perusahaan yang tidak hanya sukses secara finansial, tetapi juga memberikan kontribusi positif yang berkelanjutan,” ucapnya.

Salah satu tamu undangan SMS 2024, Wisya Oktavia Putri merasa termotivasi dan sangat terkesan untuk memulai bisnis dengan tips-tips dan materi yang diberikan dari para pemateri.

“Acaranya seru dan tidak membosankan, materi yang disampaikan jelas dan tidak terlalu kaku. Banyak tips dan materi yang bisa diambil untuk yang memulai bisnis,” tutupnya.

Reporter: Ula Tasyania
Editor: Marshanda

About Post Author

Marshanda

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Previous post DPRD Sumsel dan Disnaskertrans Jawab Tuntutan Dari Ribuan Buruh
Next post Tips Minum Kopi yang Baik dan Lebih Sehat