Tidak Termasuk Wilayah Zona Aman, Masjid Raya Taqwah Tetap Gelar Shalat Id

Dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. Salah satu Jamaah Masjid Raya Taqwa Kota Palembang melakukan shalat ashar. Selasa (11/05/21). Ukhuwafoto/Annisa Dwinahari

Palembang – Ukhuwahnews | Melalui Kementerian Agama Palembang, Pemerintah Kota Palembang mengeluarkan surat edaran Nomor 1222 tahun 2021. Dalam surat edaran tersebut tertera panduan penyelenggaraan shalat Idul Fitri ditengah pandemi Covid-19. Masyarakat diperbolehkan melaksanakan shalat id hanya untuk wilayah zona kuning dan zona hijau.

Berdasarkan pemetaan resiko penularan Covid-19 yang dikeluarkan Satgas Penanganan Covid-19 Kota Palembang, tercatat ada 30 Kelurahan yang berada di zona kuning dan hijau. 

Wilayah-wilayah tersebut antara lain, zona hijau; Kelurahan 27, Kelurahan 28 ilir, Kelurahan Karang Anyar, Kelurahan Dua Ulu, Kelurahan 12 Ulu, Kelurahan 13 Ulu, Kelurahan 14 Ulu, Kelurahan 22 Ilir, Kelurahan 13 Ilir, Kelurahan 14 Ilir, Kelurahan 16 Ilir, Kelurahan 18 Ilir, Kelurahan 1 Ilir, dan Kelurahan 11 Ilir. Sedangkan zona kuning; kelurahan 35 Ilir, Kelurahan Kemang Manis, Kelurahan 36 Ilir, Kelurahan 1 Ulu, Kelurahan 3-4 Ulu, Kelurahan Keramasan, Kelurahan Kemang Agung, Kelurahan Komperta, Kelurahan 23 Ilir, Kelurahan 24 Ilir, Kelurahan 19 Ilir, Kelurahan 5 Ilir, Kelurahan 2 Ilir, Kelurahan Sako Baru, dan Kelurahan Sri Mulyani. 

Namun, salah satu masjid besar di Kota Palembang, Masjid Raya Taqwa, tetap akan menyelenggarakan shalat id meskipun wilayah tersebut tidak tercatat dalam surat edaran pemerintah Kota Palembang.

Bahkan, berdasarkan pemetaan wilayah yang dikeluarkan Satgas Penanganan Covid-19 Kota Palembang. Masjid Raya Taqwa berada dalam zona merah, tepatnya di Kecamatan 30 Ilir.

Bendahara harian Masjid Raya Taqwa, Suci Lindawati, mengaku wilayah Masjid tersebut merupakan wilayah zona hijau. Sehingga, Masjid Raya Taqwa diizinkan untuk melakukan shalat id.

“Shalat id tetap dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan. Ini sudah disetujui oleh Camat setempat dan Satgas Covid-19. Jadi kita akan melaksanakan sholat id tahun ini,” katanya saat diwawancarai di Sekretariatan Masjid Raya Taqwa. Senin, (10/5/21).

Senada dengan itu, salah satu pekerja di Masjid Raya Taqwa, Mulyono juga mengatakan wilayah Masjid tersebut bukanlah zona merah.

“Tergantung yang mengolah tempatnya, kalau yang mengolahnya bisa menjaga kesehatan ya bisa saja melaksanakan shalat, apalagi kalau diawasi oleh Satgas Covid-19,” ujarnya di depan pintu masuk Masjid Raya Taqwa.

“Saya tak masalah kalau diadakan shalat id. Asalkan tetap menjaga protokol kesehatan, pakai masker, jaga jarak, mencuci tangan, dan di cek suhu tubuhnya,” pungkasnya.

Reporter : Annisa Dwilya Budaya
Editor : Muhamad Firdaus

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *