Sidak BBPOM Palembang, Temukan Terasi Mengandung Rhodamin B

Palembang – Ukhuwahnews | Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang bersama Balai Besar Pengawasan Obat dan makanan (BBPOM) melaksanakan inspeksi mendadak (Sidak) di Pasar 10 Ulu Kota Palembang dan telah menemukan terasi dengan kangdungan pewarna tekstil, Rhodamin B setelah melakukan uji sampel pada Selasa, (17/05/2022).

Wakil Walikota (Wawako) Palembang , Fitrianti Agustinda mengatakan telah ditemukan terasi dengan kandungan bahan berbahaya di enam toko yang tersebar di Pasar 10 Ulu. Salah satu toko yang terciduk diketahui sudah dua kali menjual terasi yang mengandung Rhodamin B.

“Untuk sekarang BBPOM sedang menindaklanjuti masalah ini dan masih dalam uji tahap awal, untuk kepastiannya akan diuji lebih lanjut di lab agar terbukti terasi itu benar-benar mengandung Rhodamin B atau tidak,” ujarnya.

Lebih lanjut,  Fitrianti menjelaskan jika hasil uji lab terbukti terasi tersebut mengandung Rhodamin B, akan ada tindak lanjut secara hukum untuk penjual agar memberi keamanan masyarakat pada bahan makanan di pasaran.

“Ada 34 sampel produk yang di uji yaitu ikan giling, ikan asin, tahu, mie dan terasi. Ada enam sampel berbahaya dan seluruhnya dari terasi,” jelasnya.

Baca juga: Resensi Film KKN di Desa Penari: Gunakan Akal Sehat Saat Mencintai

Ditempat yang sama, Kepala BBPOM Palembang, Zulkifli mengungkapkan terasi berbahaya tersebut diduga berasal dari Daerah Tulung Selapan. Jika hasil lab terbukti terasi tersebut mengandung Rhodamin B, maka penjual akan ditinjak lanjuti.

“Terkait dengan temuan ini, kami akan bekerjasama dengan Pemda agar mengantisipasi produk berbahaya ini menyebar lebih luas,” ungkapnya.

Zulkifli menambahkan, Masyarakat bisa membedakan ciri terasi yang berbahaya ini dengan melihat warna terasi tersebut. yang mana terasi yang berwarna kemerahan itu mengandung Rhodamin B.

“Terasi yang mengandung bahan berbahaya itu warnanya merah, berbeda dengan terasi biasanya yang warnanya agak kecoklatan,” pungkasnya.

Reporter: M. Aidil Ikhsan
Editor: Siti Alicia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *