Sering Banjir, Wawako Tinjau Kawasan Pemukiman UIN RF

Wakil Walikota Palembang, Fitrianti Agustinda tengah memantau kawasan Gang Sada Jalan Prof. K. H. Zainal Abidin Fikri No. KM.3 Kelurahan Kemuning Kecamatan Pahlawan sebab banyak laporan warga terkait banjir yang sering terjadi ketika curah hujan deras turun. Kamis, (25/11/2021). Ukhuwahfoto/Roby Aroct.

UIN RF – Ukhuwahnews | Wakil Walikota Palembang, Fitrianti Agustinda melakukan pantauan lapangan di kawasan Jalan Prof. K. H. Zainal Abidin Fikri No. KM.3 Kelurahan Kemuning Kecamatan Pahlawan sebab banyak laporan warga terkait banjir yang sering terjadi ketika curah hujan deras turun.

“Tadi sudah disampaikan informasi seputar terkait masalah banjir di kelurahan pahlawan salah satunya lokasi yang ditunjukkan RT dan RW setempat adalah ini,” katanya menunjuk Gang Sada pada Kamis, (25/11/2021).

Setelah dari pantauan, Fitri mengatakan banjir yang sering terjadi di wilayah tersebut disebabkan menghilangnya saluran air di lokasi tersebut dan saluran air warga yang tidak terkondisi dengan baik.

“Setelah dari pantauan memang terus terang ada beberapa saluran yang memang tadinya ada jadi hilang dan terkait masalah saluran warga yang tidak terkondisi dengan baik. Ditunjang dengan konstur tanah yang berbukit dan ada yang lembah. Jadi ini memperparah keadaan,” ujarnya.

Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang akan melakukan diskusi dengan beberapa pihak termasuk universitas, karena diduga ada saluran air yang hilang sebab pembangunan jalan.

“Kita akan coba diskusikan dengan banyak pihak terutama pihak universitas yang ada disini, karena kita dengar dari warga, ketua RT dan masyarakat, ada beberapa saluran yang tadinya ada terpaksa hilang akibat pembangunan jalan,” jelas Fitri.

Ia juga mengatakan akan segera menindak kasus tersebut dan akan segera berkoordinasi dengan pihak universitas.

“Kita akan segera berkoordinasi dengan pihak universitas, sehingga saluran yang pernah ditutup bisa diadakan kembali, sehingga nantinya setelah saluran itu ada airnya bisa mengalir dengan benar yaitu ke arah Sungai Bayas bukan malah turun ke pemukiman warga,” tuturnya.

Wakil Walikota Palembang, Fitrianti Agustinda tengah memantau kawasan Gang Sada, lokasi yang sering terendam banjir. Kamis, (25/11/2021). Ukhuwahfoto/Roby Aroct.

Menurut warga sekitar, banjir kerap kali terjadi ketika hujan deras turun. Seperti yang dituturkan oleh Sapani Mankin, air kerap datang dari gerbang gang, lebih tepatnya di badan jalan Prof. K. H. Zainal Abidin Fikri.

“Seharusnya dari Rektorat itu air masuk ke gorong-gorong, tapi sejak dua tahun terakhir air sering masuk ke kawasan warga termasuk di rumah ini,” ungkapnya.

Sapani berharap nantinya pertemuan yang akan direalisasikan pada Senin nanti yang dinisiasi oleh Pemkot Palembang akan segera ditindak lanjut.

“Nanti Senin akan ada pertemuan RT, RW, Camat dan pihak terkait untuk menindak ini, harapannya nanti bisa terealisasikan dan cepat diatasi,” tandasnya.

Reporter : Elyssa Meilyana, Odellia Winneke

Editor : Yuni Rahmawati

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *