PWNPTK XV Resmi Dibuka, Menag: Lakukan Kegiatan Disiplin Sesuai Dasa Darma

Menteri Agama, Yaqut Cholil menghidupkan api unggun virtual sebagai simbolis pembukaan PWNPTK XV di Dining Hall Jakabaring. Kamis, (11/11/21). Ukhuwahfoto/M. Ilham Akbar

Palembang – Ukhuwahnews | Upacara pembukaan Perkemahan Wirakarya Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan (PWNPTK) XV resmi diselenggarakan di Main Dining Hall Jakabaring Sport City (JSC) Palembang. Kamis, (11/11/21) siang tadi.

Upacara ini dibuka langsung oleh Menteri Agama RI, Yaqut Cholil Qoumas. Pada sambutanya ia mengatakan, kegiatan ini bertujuan sebagai tolak ukur sejauh mana Perguruan Tinggi Keagamaan (PTK) berhasil melakukan revitalisasi gerakan pramuka di tengah perubahan kebiasaan masyarakat.

“Melalui kegiatan ini, diharapkan mampu mejadi jembatan transformasi karakter bangsa, teknologi digital dan transformasi intelektual,” katanya.

“Mudah – mudahan kegiatan kita hari ini sampai seminggu kedepan bisa sekaligus membuktikan bahwa pramuka itu mampu benar benar disiplin sesuai dengan Dasa Darma Pramuka terutama dalam menerapkan protokol kesehatan,” sambungnya.

Baca Juga: Foto: Pembukaan PWNPTK XV UIN Raden Fatah

Di tempat yang sama, Wakil Gubernur (Wagub) Sumatera Selatan (Sumsel) Mawardi Yahya juga mendukung penuh kegiatan perkemahan ini dengan mengatakan setiap fasilitas yang digunakan sudah berstandar Nasional.

“Kegiatan ini semoga berjalan sebagaimana mestinya. Jangan ragu untuk menggunakan fasilitas di Jakabaring Sport Center ini,” ujarnya.

Kontingen asal Papua memakai atribut di kepala saat pembukaan PWNPTK XV di Dining Hall Jakabaring Sport Center. Kamis, (11/11/21). Ukhuwahfoto/M. Ilham Akbar

PWNPTKI ini juga dibarangi dengan pembuatan rekor MURI pantun moderasi beragama, dengan mengumpulkan 35 ribu pantun.

Sementara itu, Direktur Jenderal Pendidikan Islam Muhammad Ali Ramdhani mengatakan kegiatan ini tidak semata-mata berkemah, namun juga akan melakukan kegiatan bakti ke masyarakat.

“Kita akan melakukan penanaman lima ribu pohon, pembuatan biopori, tabur benih ikan, vaksinasi lima ribu masyarakat, distribusi donasi buku, dan pembagian masker,” paparnya.

Terakhir, Ali mengatakan kegiatan yang akan dilangsungkan enam hari ini diikuti oleh 58 kontingen pramuka.

“Jumlah peserta itu 1176 dengan rincian, peserta luring 440, daring 558, dan pembina pendamping 116,” pungkasnya.

Reporter: Bagus Rizki
Editor: M. Firdaus

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *