PMI Palembang Sosialisasikan Alternatif Sembuh Tanpa Vaksin Covid-19

Ilustrasi : Elyssa

Palembang – Ukhwahnews | Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Palembang sosialisasikan alternatif penyempuhan Covid-19 tanpa vaksin dengan cara donor Plasma Konvalesen atau anti-bodi di Unit Transfusi Darah (UTD) Palembang.

Manajer Kualitas UTD PMI Kota Palembang dr. Ajeng Intan Estrie Amanda mengatakan untuk kriteria pendonor yakni berusia minimal 18-55 tahun, memiliki berat badan minimal 55 kilogram, belum menerima transfusi darah selama proses pemulihan yang lalu, suhu badan normal, dan mengutamakan pendonor laki-laki atau perempuan yang belum pernah hamil.

“Setelah plasma-plasma darah konvalesen dari pendonor ini sudah siap digunakan, kami juga bekerja sama dengan instansi-instansi terkait seperti BUMN atau perusahaan-perusahaan lainnya untuk menyalurkan plasma konvalesen ini agar pasien berat bisa mengambilnya di UTD PMI kita,” katanya pada Selasa (19/01/21).

Ia pula menambahkan, selagi menunggu hadirnya pendonor plasma konvalesen, UTD aktif untuk mensosialisasikan metode ini untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dan turut serta menyumbangkan kesembuhan.

“Kami sudah mulai mencari pendonor suka rela untuk mendonorkan si “anti-bodi” nya ini yang akan diberikan ke pasien yang memang benar-benar membutuhkan plasma konvalesen. Selain itu juga, untuk mengajak dan menginformasikan ke khalayak luar, kami pun aktif mengadakan sosialisasi ke publik,” ujarnya.

Dengan adanya sosialisasi di media massa, ada 20 pendonor dari masyarakat yang datang ke UTD PMI ini untuk menyumbangkan secara sukarela. Namun, dari puluhan pendonor tersebut masih ada seleksi kriteria agar plasma darahnya bisa langsung diberikan ke pasien.

“Kriterianya ialah pendonor harus mempunyai berkas salinan pernyataan tes SWAB negatif minimal 14 hari dalam kondisi tanpa gejala setelah surat di keluarkan dan tidak lebih dari tiga bulan. Karena dengan rentang waktu tersebut anti-bodi yang mereka miliki sudah melemah,” jelas dr. Ajeng.

Ia berharap kedepannya masyarakat yang telah pulih dalam kondisi ini ikut mendonorkan anti-bodi yang mereka miliki, karena permintaan plasma darah kian hari bertambah yang tidak sebanding dengan jumlah pendonor. Sehingga pasien pun kejar-kejaran untuk mendapatkan plasma darah yang berfungsi untuk menambah penguat imun tubuh tersebut.

“Diharapkan masyarakat Sumsel, terutama yang sudah sehat dari kasus ini dengan suka rela menyumbangkan plasma darah konvalesennya untuk mengurangi angka kematian dan penyebaran virus Covid-19 ini,” tutupnya.

Reporter : Anggota Magang (Mohammad Roihan, Elyssa Meilyana)
Editor : Yuni Rahmawati

2 tanggapan untuk “PMI Palembang Sosialisasikan Alternatif Sembuh Tanpa Vaksin Covid-19

  • 20/01/2021 pada 8:29 PM
    Permalink

    semangat dan semangat, terus semangat jangan berhenti semangat dan semangat

    Balas
  • 20/01/2021 pada 8:34 PM
    Permalink

    Usaha tak pernah mengkhianati hasil percaya itu ,semangat mencapai cita” semangat 💪💪

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *