Peringati Hari Peduli Sampah Nasional, Bank Sampah Berkah Karya Gandeng DLH Kab MUBA

Dok/IST.

MUBA – Ukhuwahnews | Mengingat pentingnya kebersihan daerah, Bank Sampah Berkah Karya bersama Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Musi Banyuasin melakukan Gerebek Sampah di Desa Sukamaju, Kecamatan Babat Supat. Kegiatan ini adalah rangkaian kegiatan menuju Hari Peduli Sampah Nasional yang jatuh pada Minggu, (21/2/21).

Dalam sambutannya pada pembukaan Gerebek Sampah, Kepala DLH Kabupaten Musi Banyuasin, Andi Wijaya Busro mengatakan kegiatan ini dilakukan guna menjaga kebersihan daerah.

“Hari ini kita akan melakukan kegiatan bersih-bersih sampah yang disini dinamakan Gerebek Sampah. Jadi sampah ini kita gerebek, kita ambil dan nanti akan kita kelola” kata Andi Busyro dalam sambutannya. Jum’at, (19/02/2021).

Menurutnya, kegiatan ini penting dilakukan kerena kebersihan adalah pola hidup yang harus diterapkan dimasa ini. Tidak hanya masa ini, pola hidup bersih dan sehat juga harus diterapkan seterusnya.

“Mengapa ini penting dilakukan karena kebersihan adalah pola hidup yang harus diterapkan masa ini dan seterusnya. Sekarang dinamakan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), jadi kebersihan diperoleh pastinya dari kebersihan” jelasnya.

Sementara itu Camat Babat Supat Rio Aditya mengatakan kegiatan gerebek sampah merupakan rangkaian Festival Sampah dari Bank Sampah Berkah Karya Desa Sukamaju Kecamatan Babat Supat.

“Gerebek Sampah merupakan rangkaian HPSN dan Festival Sampah 2021 Bank Sampah Berkah Karya Desa Sukamaju Kecamatan Babat Supat. Mudah-mudahan kegiatan ini bisa menjadi contoh untuk Desa lain ataupun daerah lain” katanya.

Ia juga mengajak seluruh masyarakat untuk berpartisipasi mensukseskan rangkaian Lomba Kreasi Sampah. Bersama-sama melestarikan lingkungan menjaga kebersihan kaitannya dengan sampah banyak manfaat yang didapatkan.

“Ayo kita sukseskan Festival Sampah diantaranya Lomba Kreasi Sampah. Mari kita bersama-sama bahu membahu melestarikan lingkungan dengan menjaga kebersihan kaitannya dengan sampah banyak manfaat yang didapatkan salah satunya kesehatan,” tutup Camat Babat Supat.

Tidak hanya acara Gerebek Sampah, Bank Sampah Berkah Karya juga mengadakan lomba kreasi sampah yang akan dilakukan pada Senin, (22/2/21).

Di tempat yang sama, Kepala Desa Sukamaju Ayatullah Komayni menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh peserta dan partisipan.

“Mewakili Pemerintah Desa Sukamaju dan Bank Sampah Berkah Karya kami sampaikan terima kasih kepada semuanya yang telah hadir dan berpartisipasi. Jangan lupa hadir kembali hari senin pada acara lomba kreasi sampah, barter sampah dan cek kesehatan gratis di kantor Desa Sukamaju,” pungkas Ayatullah.

Rel/BSBK
Editor : Yuni Rahmawati

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *