Pemred WartaLampung.id Ingatkan LPM Agar Punya Websitenya Sendiri

Lampung – Ukhuwahnews| Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Kronika IAIN Metro Lampung menggelar Pelatihan Jurnalistik Tingkat Dasar (PJTD) yang diikuti oleh mahasiswa baru IAIN Metro Lampung dan UKM Pers se-Indonesia. Minggu, (29/8/21).

PJTD yang bertema “Kiat Menulis Straight News dan Pengoptimalan SEO” dilakukan secara daring melalui Zoom. Menghadirkan Pemimpin Redaksi WartaLampung.Id, Adian Saputra.

Dalam materinya, Adian mengungkapkan bahwa LPM tidak cukup hanya berfokus pada majalah yang merupakan proyek setahun sekali untuk mengembangkan kemampuan jurnalistik.

“LPM wajib memiliki website atau kanal-kanal informasi lain untuk menjadi medium karya jurnalistiknya,” ujarnya.

Menurutnya, pelatihan jurnalistik hanya sebuah pemantik dalam mempelajari dan melatih kemampuan jurnalistik

“Ritme kontinuitas merupakan hal yang utama dan sangat penting untuk melatih kemahiran dan kemampuan jurnalistik kita, dibandingkan puluhan pelatihan yang kita ikuti,” tutur alumni SMAN 2 Tanjung Karang.

Selain menjadi media untuk melatih kemampuan jurnalistik, Adian juga berpendapat bahwa website atau kanal-kanal berita lainnya dapat menjadi media untuk meningkatkan eksistensi Lembaga Pers Mahasiswa.

Berkenaan dengan itu, penulis buku Menulis Dengan Telinga ini juga memberikan motivasi kepada peserta PJTD agar terus semangat meski hanya sebagai pers kampus.

“Kedudukan Lembaga Pers Mahasiswa dan pers umum itu sama, dan dilindungi oleh payung hukum yang sama, tidak ada perbedaan dan diskriminasi,” ujarnya.

Senada dengan itu, Peserta PJTD dari UKM Pers Sukma, Wina Viona mengatakan, PJTD yang diselengarakan LPM Kronika sangat bermanfaat di tengah pandemi khususnya untuk mengasah ilmu kejurnalistikan.

“Kegiatan PJTD ini sangat bermanfaat, apalagi penyampaian materinya mudah diserap dengan baik. Panitianya seru-seru semua, serta menambah relasi dari LPM lain,” katanya.

Wina Berharap, kegiatan seperti ini dapat berjalan disetiap tahunya, semoga tahun berikutnya makin baik lagi.

“Semoga kegiatan ini berjalan setiap tahunnya, sebaiknya kegiatan ini  bisa diikuti untuk mahasiswa baru yang ingin belajar di dunia jurnalistik,” harapnya.

Reporter: Wiardini, Febio, Anisa Meidiani
Editor: Bunga Yunielda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *