Pelatihan Diskominfo: Modal HP Bisa Jadi Content Creator

Juju Onyols sedang memaparkan materi menjadi content creator melalui media sosial di Lantai 3A Ballroom Hotel Emilia, Selasa (11/10/2022). Ukhuwahfoto/Bagus Rizki Fadillah.

Palembang – Ukhuwahnews I Dinas Komunikasi dan Informatika Sumatera Selatan (Diskominfo Sumsel) mengadakan Pelatihan Literasi Digital dengan membahas cara untuk menjadi content creator. Kegiatan ini dilakukan di Hotel Emilia, Selasa (11/10/2022).

Salah satu pemateri, Juju Onyols mengatakan semua orang bisa menjadi content creator yang dapat dimulai dari media sosial masing-masing.

Upgrade diri dengan memanfaatkan dan berkarya lewat media sosial,” ujarnya.

Salah satu content creator Palembang itu menambahkan, untuk menjadi seorang conten creator yang sukses, harus konsisten terhadap karya yang dibuat.

“Konsisten itu penting, mulai dari atur waktu dan jadwal pembuatan dan posting konten harus kita perhatikan,” tambahnya.

Menurutnya, peralatan yang diperlukan untuk content creator pemula cukup dengan menggunakan smartphone saja.

“Dulu saya membuat konten hanya menggunakan HP yang diletakkan di atas tumpukan buku sebagai sanggahan. Artinya, kita bisa memanfaatkan barang-barang yang ada disekitar kita,” katanya.

Baca Juga: Jaga Kesehatan Mental dengan Cara-cara Berikut

Lebih lanjut, Kepala Seksi Sumber Daya Komunikasi Publik Diskominfo, Dwi Karolita mengatakan pelatihan Literasi Digital ini baru dilaksanakan tahun ini.

“Sebelum pandemi Pemerintahan Sumsel melalui Diskominfo melaksanakan sosialisasi bijak bermedia sosial. Ke depannya, kami akan lakukan kegiatan ini dua kali dalam setahun,” tuturnya.

Ia menambahkan, target peserta dalam kegiatan tersebut sebanyak 100 peserta yang terdiri dari mahasiswa dan komunitas lainnya yang ada di Kota Palembang.

“Pesertanya khusus mahasiswa, youtuber dan beberapa kelompok komunitas yang ada di Kota Palembang. Mungkin ke depannya kami juga akan membuat kuota peserta khusus dosen dan PNS,” imbuhnya.

Di tempat yang sama, Kepala Bidang Pengelolaan Komunikasi Publik Diskominfo, Iman Syahwibowo berharap para peserta bisa memanfaatkan ilmu yang telah didapatkan selama pelatihan.

“Semoga dengan Pelatihan Literasi Digital ini peserta dapat membuat konten yang bermanfaat bagi banyak orang sesuai aturan yang berlaku. Selain itu, semoga dapat mengurangi dan melawan berita hoax yang tersebar,” ungkapnya.

Salah satu mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Sosial dan Politik (STISIPOL) Candradimuka, Aditya Warman mengungkapkan merasa senangnya terhadap kegiatan tersebut. Ia berharap agar kegiatan seperti ini dapat sering dilakukan.

“Jadi referensi baru untuk mengembangkan diri, apalagi pematerinya ada Kak Juju sebagai Content Creator Palembang, Kak Ferdi yang ngejelasin bagaimana penggunaan cahaya yang baik dan Kak Rafa mengajarkan public speaking yang baik,” pungkasnya.

Reporter: Bagus Rizki Fadillah
Editor: Annisa Dwilya Budaya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *