Masjid Agung Sultan Badaruddin Jaya Wikromo Bersiap Sambut Jemaah Salat Idulfitri

Salah satu Pegawai tenda tengah memasang tenda untuk jemaah salat Idulfitri di Masjid Agung Sultan Mahmud Badaruddin Jaya Wikromo, Sabtu (29/04/2022). Ukhuwahfoto/Imelda Melanie.

Palembang – Ukhuwahnews | Masjid Agung Sultan Mahmud Badaruddin Jaya Wikromo mulai melakukan persiapan sholat Idulfitri yang kemungkinan tanggal 1 Syawal 1443 H jatuh pada hari Senin, 02 Mei 2022. Sabtu, (29/04/2022).

Andi Syarifudin Selaku Wakil Ketua Masjid Agung Sultan Mahmud Badaruddin Jaya Wikromo menjelaskan untuk pembersihan masjid dilakukan seperti biasa. Namun, ada beberapa penambahan seperti pemasangan tenda dan sajadah untuk jemaah yang salat di bagian luar masjid.

“Pembersihan masjid sudah dilakukan setiap hari tetapi untuk mempersiapkan salat Idulfitri harus lebih ekstra, kita juga memasang sajadah satu hari sebelum lebaran. Selain itu, kita kita sudah berkerjasama dengan pihak polisi dan Tentara Nasional Indonesia (TNI) untuk melakukan penjagaan,” jelasnya.

Baca juga: Kumpulan Pantun Hari Raya: Mudik Lebaran

Lebih lanjut,  Andi menyampaikan saat ini sudah ada kelonggar dari pemerintah terkait Pandemi Covid-19 sehingga salat Idulfitri dapat dilakukan dengan jumlah jemaah yang lebih banyak lagi, tetapi pelaksanaannya masih harus menerapkan Protokol Kesehatan (Prokes) seperti dua tahun kebelakang .

“Sekarang jemaah yang berasal dari manapun sudah bisa salat bukan hanya orang penting seperti tahun sebelumnya, tapi kita masih harus menerapkan prokes seperti memakai masker, memakai handsainitezer dan menjaga jarak,” tuturnya.

Terakhir, Andi berharap kepada jamaah salat Idulfitri untuk menjaga kebersihan baik sebelum salat maupun setelah salat.

“Untuk jamaah salat Idilfitri diharapkan agar tidak membuang sampah sembarangan, buanglah pada tempatnya. Marilah kita jaga kebersihan bersama,” harapnya.

Dalam persiapan salat Idulfitri Masjid Agung Sultan Mahmud Badaruddin Jaya Wikromo telah mengerahkan semua petugas kebersihan dengan jumlah 15 orang.

Reporter: Imelda Melanie
Editor: Siti Alicia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *