Jadi Kota Kreatif, Dispar Gelar Festival Ekonomi Kreatif

Salah seorang pengunjung melihat foto-foto yang dipajang di dalam gedung Kuto Besak Theater Restoran. Rabu, (24/11/21). Ukhuwahfoto/Wisnu Akbar.

Palembang – Ukhuwahnews | Setelah dua tahun vakum sebab pandemi Covid-19, Dinas Pariwisata (Dispar) Kota Palembang kembali Gelar Festival Fotografi dan Pameran Besar Foto Ekonomi Kreatif Tahun 2021. Acara tersebut dimulai sejak tanggal 24-26 November 2021 di Kuto Besak Theater Restoran (KBTR). Rabu (24/11/21).

Kepala Bagian Ekonomi Kreatif Dispar Kota Palembang, Ninik wahyuni yang mewakili Kepala Dispar mengatakan, kegiatan ini merupakan agenda rutin Pemerintah Kota Palembang tiap tahun, namun kegiatan ini baru dilaksanakan kembali setelah Pandemi.

“Sejak dua tahun terakhir kegiatan ini tidak pernah dilaksanakan karena pandemi covid-19 dan saat ini kami adakan kembali dengan tujuan sebagai sarana dalam membangun perekonomian masyarakat melalui program pengembangan usaha kreasi,” katanya.

Ninik juga mengatakan jika kegiatan ini dilaksanakan sebagai salah satu untuk tindak lanjut Kota Palembang yang kembali terpilih menjadi kota kreatif.

“Palembang terpilih menjadi Kota Kreatif yang akan diresmikan oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif yaitu Sandiaga Uno pada 30 November 2021 mendatang,” ujarnya.

Lebih lanjut, Ninik menjelaskan kegiatan ini dibagi menjadi dua kegiatan, yaitu kegiatan perlombaan dengan tiga kategori, diantaranya lomba foto jelajah destinasi, lomba foto on the spot, dan lomba foto kuliner dengan peserta dari seluruh Indonesia. Kemudian dilanjutkan kegiatan non-lomba yaitu workshop dan pameran foto terpilih.

“Pada saat seleksi awal yang telah mengirimkan foto ada 341 peserta. Sampai saat ini untuk lomba destinasi ada 183 foto dan 141 untuk foto kuliner. Sisanya akan diumumkan besok, foto-foto tersebut akan di seleksi kembali menjadi 25 foto pada masing-masing cabang lombanya” jelasnya.

Perwakilan Komunitas Sumatera Selatan (Sumsel) Crafter, Serly yang merupakan peserta pameran ekonomi kreatif sangat mendukung kegiatan festival fotografi dan pameran foto Ekonomi Kreatif yang diadakan oleh Dinas Pariwisata karena ini adalah bentuk dari branding diri.

“Pameran ini bisa dikatakan sebagai branding agar masyarakat lokal ataupun nasional mengatahui produk-produk kreatif dari Palembang. Sebagaimana kita ketahui, biasanya produk-produk ini hanya ada di galeri, tapi sekarang produk ini sudah bisa dilihat di pameran ini,” ungkapnya.

Selanjutnya, salah satu pengunjung pameran Cindo Laras Buti mengungkapkan kegiatan ini sangat mengedukasi masyarakat mengenai kebudayaan dan destinasi wisata yang ada di Palembang.

“Banyak pengetahuan baru yang saya dapatkan seperti 70 destinasi wisata di palembang, 70 itukan bukan angka yang sedikit, selama ini saya hanya tau beberapa tempat saja dan kebudayaannya juga,” katanya.

Gadis berdarah Palembang ini berharap agar masyarakat dapat menjadikan pameran ini sebagai ajang pembelajaran dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.

“Ambil saja contohnya seperti kerajinan rumahan yang dipamerkan, ada kemungkinan masyarakat tertarik untuk mengembangkannya kembali dan membuka usaha yang sama,” tuutpnya.

Reporter: Siti Alicia Zahirah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *