ICMI Ajak Mahasiswa Diskusi Panel Pengelolaan Sumber Daya Alam

Ketua DPRD Sumsel, RA Anita Noeringhati dan Bupati Penukal Abab Lematang Ilir, Heri Armalindo (samping kanan Anita) saat sedang menyanyikan lagu Indonesia Raya pada kegiatan Ikatan Cendikiawan Muslim Indonesia Organisasi Wilayah Sumatera Selatan, Sabtu (11/03/2023). Ukhuwah foto/Elinna Sucilia.

Palembang – Ukhuwahnews | Ikatan Cendikiawan Muslim Indonesia Organisasi Wilayah Sumatera Selatan (ICMI Orwil Sumsel) mengajak mahasiswa Universitas di Palembang untuk diskusi mengenai panel pengolahan sumber daya alam (SDA). Kegiatan ini dilaksanakan di Emilia Hotel by Amazing Palembang, Sabtu (11/03/2023).

Dewan Pakar ICMI Orwil, M. Ridho Taqwa menyebut Banyuasin merupakan salah satu daerah yang mengalami kerusakan. Pasalnya, di wilayah tersebut dilarang untuk mengeksplorasi sumur minyak gas bumi.

“Meskipun tidak diperbolehkan daerah Banyuasin sudah banyak pertambangan yang dilakukan oleh masyarakat untuk mengeksplorasi sumur minyak gas bumi baik yang tua ataupun baru,” katanya.

Sebelumnya, banyak yang mengatakan hal tersebut dianggap ilegal karena tidak diperbolehkan namun masih dilakukan. Dalam hal ini, Ridho pun menyatakan bahwa ini adalah ilegal.

“Maaf saya mengatakan ilegal karena beranggapan bahwa jika yang hilir diperbolehkan kenapa yang hulu tidak,” jelasnya.

Mahasiswa Program Studi Jurnalistik UIN RF, Ismail Pratama mengatakan bahwa kegiatan ICMI ini mengajak seluruh pemuda ICMI dan mahasiswa untuk mengubah cara pendapatan di Indonesia khususnya beredarnya pertambangan ilegal serta cara mengembangkan SDA.

“SDA khususnya daerah Sumsel bisa dikembangkan tetapi tidak ada penggerak,maka dari itu ICMI mengajak masyarakat yang berpotensi untuk bekerjasama dengan mahasiswa yang ada di Palembang.” tuturnya saat diwawancarai.

Baca Juga : Tingkatkan Kualitas Menulis Mahasiswa, FUSHPI Adakan Pelatihan

Mahasiswa Program Studi Manajemen Informatika Bina Sriwijaya Palembang, Egitiranda mengatakan dirinya mendapatkan pengalaman baru dalam mengikuti kegiatan yang dilaksanakan ICMI.

“Alhamdulillah kami mendapatkan banyak sekali pengalaman dan pembelajaran mengenai SDA dan perkembangan global di Sumsel dengan sikap yang bersumber alquran,” tuturnya.

Diskusi ini diikuti oleh mahasiswa dari, Universitas Islam Negeri (UIN) Universitas Sriwijaya (Unsri), Universitas Bina Dharma, Univeristas Politeknik Akamigas Palembang, Universitas Muhammadiyah Palembang, Universitas Polteknik Unsri, Universitas Bina sriwijaya, Universitas Bina Husada

Reporter : Elinna Sucilia, Oktaviana Putri Wulandari
Editor : Imelda Melanie Agustin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *