HUT RI ke-76, Polresta Ajak Masyarakat Palembang Heningkan Cipta

Polresta Palembang mengajak pengguna jalan untuk berhenti sejenak guna menyanyikan lagu Indonesia Raya di Simpang Lima DPRD Sumsel (17/08). Hal itu bertujuan untuk menghormati detik-detik proklamasi Republik Indonesia. Ukhuwahfoto/M. Ilham Akbar

Palembang – Ukhuwahnews | Memperingati HUT RI ke-76 Polresta Sumatera Selatan mengajak masyarakat untuk mengheningkan cipta di beberapa ruas jalan kota Palembang. Kegiatan ini dilakukan di pusat perlintasan masyarakat, diantaranya simpang 5 DPRD Palembang. Selasa, (17/8/21).

Hal tersebut sudah dipersiapkan oleh pihak Polresta satu minggu sebelum hari kemerdekaan, melalui akun media sosialnya.  Mengheningkan cipta dimulai pada pukul 10.17 WIB dalam kurun waktu 3 menit.

Dalam kegiatan ini Polresta bekerja sama dengan Polisi Pamong Praja, Dinas Perhubungan, dan masyarakat pengguna jalan.

Saat dihubungi, Waka Polresta Palembang, Andes Purwati mengatakan dalam peringatan tersebut pihaknya menghentikan semua kendaraan yang ada sembari mengumandangkan lagu Indonesia Raya.

“Untuk memperingati HUT RI ini kita mengadakan kegiatan mengheningkan cipta di sejumlah titik yang sudah dipandu dari Jakarta sejak pagi,” katanya.

Andes juga berpesan penghayatan harus tetap diteruskan, mengingat para pahlawan kita terdahulu telah berjuang mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

“Sesuai denga logo yang dibuat,  kita harus tangguh dalam menghapi seluruh permasalahan termasuk pandemi ini,” sambungnya.

Pengendara mobil mengibarkan bendera merah putih, ketika lagu Indonesia Raya berkumandang di Simpang lima DPRD (17/08). Ukhuwahfoto/M. Ilham Akbar

Beberapa ruas jalan yang melaksankan kegiatan tersebut diantaranya ialah Simpang Rumah Sakit Charitas, Simpang lima kantor DPRD, Simpang Empat Rumah Sakit Bunda, dan Sekip.

Di tempat yang sama, Wakil Ketua Pembinaan Jasmani (BINJAS) Raden Muhammad Dandi Wahid mengatakan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan rasa nasionalisme untuk mengenang jasa para pahlawan yg telah mendahului.

“Alhamdulillah, kami berkesempatan turut andil dalam pembagian masker dan miniatur bendera merah putih kepada para pengendara yang melintas atau ikut berhenti sejenak untuk menyanyikan lagu Indonesia Raya,” ujarnya.

Ia pun mengapresiasi respon masyarakat yang ternyata masih memiliki jiwa nasionalisme meskipun di zaman yg sudah berbeda.

“Pesan saya untuk pemuda Indonesia, luangkan waktu dan tenaga dengan hal-hal positif untuk membangun negeri agar bisa lebih maju. Lekas pulih Indonesia ku, terutama dari wabah pandemi ini,” pungkasnya.

Reporter : Siti Alicia Zahirah dan Elysa Meliyana
Editor: Muhamad Firdaus

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *