FKMP Ajak Masyarakat Lestarikan Budaya Asli Palembang

Foto bersama Kesultanan Palembang dengan anggota Forum Kerukunan Mahasiswa Palembang (FKMP) di Graha Bina Praja. Kamis, (4/11/21). Sumber foto: FKMP

Palembang – Ukhuwahnews | Forum Kerukunan Mahasiswa Palembang (FKMP) mengajak masyarakat kota pempek untuk menjaga dan melestarikan budaya asli Palembang pada acara “Pelantikan dan Orasi Kebudayaan” di Graha Bina Praja Palembang pada Kamis, (4/11/21) siang tadi.

Acara ini turut dihadiri oleh Kesultanan Palembang, Sultan Iskandar Mahmud Badaruddin. Saat diwawancarai Iskandar Mahmud mengatakan agar para anggota FKMP harus mencintai budaya Palembang dan melestarikannnya agar tidak punah.

“Pedang, keris, dan sebagainya itu juga harus kita jaga,” paparnya.

“Kita ini sebagai pecinta budaya, harus mengawal budaya. Bahasa Palembang jangan ditinggalkan, jangan sampai punah semua itu,” sambungnya.

Baca Juga: Warung Apung Mang Ujuk dan Panorama Jembatan Ampera

Sementara itu di tempat yang sama, Ketua Umum terpilih FKMP, Ahmad Wahyudi ingin membawa pemuda Palembang untuk lebih peduli dengan budaya asli kota pempek.

“Forum ini harus memiliki nilai-nilai kerukunan agama, budaya, dan peduli lingkungan sosial. Tujuannya satu, agar tidak punah,” ujarnya.

Ia juga mengatakan sebagai himpunan mahasiswa, FKMP harus menjadi wadah yang selalu memiliki cita-cita mulia untuk Palembang.

“Bangga rasanya mewakili kota Palembang, nantinya kami akan turun mensosialisasikan kepada masyarakat bahwa budaya Palembang itu masih ada hingga kini,” tambahnya.

Sama halnya dengan Wahyudi, Ketua Pelaksana, Muhammad Rio meminta agar mahasiswa Palembang menjadi giat dalam menjaga budaya dan kerukunan beragama.

“Harapannya, masyarakat dan pemuda Palembang ikut mengawal budaya-budaya aslinya. Ya kalau bukan kita siapa lagi,” tutupnya

Reporter: M. Firdaus

Satu tanggapan untuk “FKMP Ajak Masyarakat Lestarikan Budaya Asli Palembang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *