Festival Teater Sumatera 2021: Lampung Kritik Pemerintah Lewat Pertunjukan Berjudul Amnesia

Pertunjukan Teater oleh Komunitas Berkat (KoBER) Lampung pada Festival Teater Sumatera 2021 di Taman Budaya Sriwijaya. Jumat, (12/11/21). Ukhuwahfoto/Yuni Rahmawati

Palembang – Ukhuwahnews | Komunitas Berkat (KoBER) Yakin Lampung Tampilkan Teater Nusantara berjudul “Amnesia” dalam Festival Teater Sumatera 2021 di Taman Budaya Sriwijaya, Sumatera Selatan. Jumat,(12/11/21) petang tadi.

Teater asal Lampung ini bercerita bagaimana rempah Indonesia lebih dominan dikelola oleh Hindia Belanda pada saat itu.

Menurut Sutradara Teater Nusantara, Ari Pahala mengatakan pertunjukan ini merupakan salah satu bentuk kritik kepada pemerintah.

“Jika diskema, pemerintah pernah berjaya dengan rempahnya. Tapi, faktanya rempah itu yang menjadi alasan Indonesia dijajah,” ujarnya.

“Belum lagi mereka yang mengekspor tradisi serah kebudayaannya hingga budaya kita hilang,” lanjutnya.

Ari menekankan, pemerintah perlu melibatkan para seniman untuk mengkaji permasalahan rempah, sehingga tindakan kulturan tidak dijadikan tindakan ekonomi.

“Tidak hanya mahasiswa di bangku kuliah yang mengerti, seniman juga bisa mikir. Maka dari itu, seniman itu diajak ngobrol,” katanya.

Baca Juga: Kulit Cerah Alami Menggunakan Teknik Dry Brushing

Sementara itu, salah satu pemain teater dengan judul Amnesia tersebut, Novian Pratama mengungkapkan bahwa seni memiliki andil dalam dunia politik, sebab seni dapat menampilkan suatu realitas perspektif lain melalui keindahan.

“Ini lah fungsi seni, yaitu mengembalikan kehidupan kita sesuai dengan posnya, zaman sekarang nilai kehidupan ini sudah banyak tergerus dengan nilai ekonomi, malah diberbagai sektor kehidupan,” ungkapnya.

Terakhir, Novian yang juga Mahasiswa Universitas Lampung (Unila) tersebut berharap pemuda dan seluruh masyarakat Indonesia perlu menggaungkan kembali serta mengetahui secara mendalam mengenai jalur rempah.

“Bagaimana sejarah jalur rempah kita dulu, kita terbentuk karena adanya masa lalu sehigga kita bisa menatap masa depan,” tutupnya.

Reporter : Siti Alicia Zahirah
Editor: M. Firdaus

Satu tanggapan untuk “Festival Teater Sumatera 2021: Lampung Kritik Pemerintah Lewat Pertunjukan Berjudul Amnesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *