Desa Saluran Rayakan Kemerdekaan dengan Beragam Lomba

Warga RT 36 Dusun IV memeriahkan kemerdekaan RI dengan melakukan lomba balap karung kreasi. Ukhuwahfoto/Wisnu Akbar.

Banyuasin – Ukhuwahnews | Warga RT 36 Dusun IV Desa Kenten Laut, Kabupaten Banyuasin memeriahkan hari kemerdekaan RI ke-77 dengan mengadakan beragam lomba.

Berbagai kalangan turut meramaikan agenda pesta rakyat tersebut, mulai dari anak-anak, remaja, hingga orang dewasa.

Ketua RT 36, Dika Arianto menyebutkan, kegiatan ini merupakan agenda tahunan yang selalu diadakan ketika hari kemerdekaan tiba.

“Jadi setiap tahun warga Desa Saluran selalu mengadakan kegiatan (lomba) ini untuk merayakan dirgahayu RI. Bukan cuma anak-anak saja, orang dewasa juga ada,” katanya, Rabu (17/08/2022).

Di tahun ini, warga Dusun IV tersebut menyelenggarakan macam-macam lomba kreasi, di antaranya lomba ambil koin di tepung, sepak bola pakai sarung/daster, rebutan kursi, balap karung kreasi, balap sarung beregu, dan masih banyak lagi.

Pelaksanaan lomba tersebut dibantu oleh volunter yang berasal dari Relawan Nusantara Palembang dan Lembaga Pers Mahasiswa Ukhuwah UIN Raden Fatah Palembang.

Baca Juga: Potret Upacara HUT RI Ke-77 di Sekolah Filial

Menurut penuturan Dika, pada mulanya, masyarakat selalu mengadakan pesta rakyat tersebut sebagai bentuk perayaan akan kemerdekaan Negara Indonesia. Mereka mengadakannya secara swadaya.

“Gagasan (lomba) itu dari warga desa untuk meramaikan tujuh belasan, acara dan kegiatan kita yang susun. Untuk penggalangan dana itu dari swadaya masyarakat,” terang Dika.

Hingga akhirnya, sejak tahun 2019 hingga sekarang, para sukarelawan turut berdatangan guna meramaikan agenda di sana.

Ibu-ibu RT 36 Dusun IV sedang berlomba memperebutkan kursi. Ukhuwahfoto/Wisnu Akbar.

“Sekarang banyak rekan-rekan relawan yang siap mengadakan kegiatan di sini. Di tahun 2020 kami dapat dukungan dari ACT. Ada 800 orang datang, jadi lapangan di sini penuh, meriah banget,” ujar dia.

Di akhir penyampaiannya, Dika berharap agar para relawan dan masyarakat tetap konsisten dalam merayakan salah satu hari terpenting yang ada di kalender Indonesia.

“Semoga masyarakat dan seluruh relawan bisa lebih maju lagi dan tidak jenuh lagi, jadi berjalan terus-menerus,” tutup Dika.

Reporter: Wisnu Akbar Prabowo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *