Ciptakan Sampah Bernilai Ekonomis melalui Lomba Kreasi Sampah

Sumber : IST

MUBA – Ukhuwahnews | Ciptakan kreasi sampah bernilai ekonomis, Masyarakat Desa Sukamaju, Kecamatan Bababt Supat, Musi Banyuasin turut serta dalam Lomba Kreasi Sampah yang diadakan oleh Bank Sampah Berkah Karya yang mengambil tema Ubah Sampah Menjadi Berkah. Selasa, (15/12/20).

Kepala Desa Sukamaju, Ayatullah Komayni dalam sambutannya mengatakan kegiatan ini adalah stimulus kepada masyarakat dan penjaringan kepada karya-karya masyarakat yang miliki nilai ekonomi tinggi.

“Kegiatan ini sebagai stimulus ekonomi masyarakat melalui Bank Sampah Berkah Karya, produk-produk kreasi masyarakat bisa dipasarkan tentunya dari barang-barang bekas atau limbah. Kami yakin dari sampah ini akan tumbuh pengrajin-pengrajin baru dan produk yang dihasilkan mampu bersaing dari kualitas dan harga,” katanya

Tidak hanya itu masyarakat, Ayatullah juga berharap masyarakat dapat mengelola sampah rumah tangga agar bisa miliki nila jual dan bekerja sama dengan Bank Sampah Berkah Karya.

“Kami siap menjadi promotor dan juga market place bagi produk-produk hasil kreasi masyarakat yang kualitasnya bagus untuk dipromosikan. Insyaallah kita akan bantu promosikan hasil karya masyarakat,” harapnya.

Bank Sampah Berkah Karya yang berdiri belum genap satu bulan, tengah ciptakan terobosan baru selain mengajak masyarakat dan pelaku usaha menabung sampah guna peningkatan ekonomi masyarakat, BSBK juga menjadi market place masyarakat dan pengrajin untuk mempromosikan produknya.

Direktur Bank Sampah Berkah Karya Muhammad Sudibyo mengatakan timnya akan berusaha terus menerus mengajak masyarakat menabung di Bank Sampah Berkah Karya dan galakan pemanfaatan sampah yang menjadi nilai ekonomi dan penyelamatan lingkungan.

“Kami mengajak masyarakat untuk terus menabung, juga mengajak masyarakat menyelamatkan lingkungan dengan menjadi pengrajin dari bahan sampah atau limbah nanti BSBK yang akan menjadi market place nya.,” kata Sudibyo.

Sudibyo juga menuturkan jika timnya serius dalam menggaungkan kepeduliannya akan lingkungan ini dan mengapresiasi setiap karya masyarakatnya.

“Bukti keseriusan kami salah satu produk satu set kursi hasil pemanfaatan dari ban bekas kami beli dan akan kami promosikan sebagai salah satu produk unggulan dan pengrajin menjadi mitra Bank Sampah Berkah Karya” Imbuh Sudibyo.

Juadi Al Faruq salah satu peserta Lomba Kreasi Sampah mengaku senang dengan diadakan kegiatan seperti ini, menurutnya sangat membantu karena pengrajin ini memiliki keterbatasan dalam hal manajemen dan promosi.

“Kami senang ada kegiatan seperti ini, karena pengrajin seperti kami sangat terbantu. Kami mampu produksi tapi terkendala dalam hal pemasaran dan manajemennya. Mudah-mudahan kedepan bermitra dengan Bank Sampah Berkah Karya Omzet penjualan meningkat dan syukur-syukur dapat bantuan tambahan modal agar dapat melayani pasar,” pungkasnya.

Editor : Yuni Rahmawati

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *