Bertepatan Hari Bhayangkara, Palembang Terapkan Ganjil Genap

Sumber: Merdeka.com

Palembang – ukhuwahnews | Terhitung mulai Kamis, (01/07/21) hari ini. bertepatan dengan HUT Bhayangkara yang ke-75, Palembang akan menerapkan sistem ganjil-genap kendaraan lalu lintas. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi tingginya angka penyebaran Covid-19 di kota Palembang.

Gubernur Sumatera Selatan, Herman Deru mengatakan, surat keputusan akan segera ia tanda tangani. Pihaknya pun sudah berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan dan semua jajaran satgas Covid-19 untuk melakukan pengawasan secara langsung.

“Jika sistem ini diberlakukan, maka pembatasan aktivitas di suatu wilayah zona merah akan lebih efektif dan lalu lintas kendaraan akan berjalan lancar,” katanya dalam keterangan resmi, Rabu (30/6) kemarin.

Herman Deru juga menyampaikan, pihaknya akan melakukan pemeriksaan rutin di pintu-pintu perbatasan untuk masyarakat dari luar wilayah yang hendak masuk ke Sumatera Selatan.

“Pemeriksaan rutin di pintu perbatasan akan diperketat dengan menyediakan Rapid tes dan Swab tes yang hasilnya akan keluar dengan cepat,” ujarnya.

Ia berharap, dengan diberlakukannya sistem ganjil-genap ini, Sumatera Selatan dapat mengurangi aktivitas masyarakat sehingga tingkat penyebaran Covid-19 dapat berkurang.

Sementara itu, Kapolda Sumatera Selatan, Irjen Pol Eko Indra Heri mengatakan, siap mendukung kebijakan Gubernur untuk menerapkan sistem ganjil-genap ini guna menekan tingginya kasus Covid-19 di Sumatera Selatan.

“Sebelum itu, akan dilakukan sosialisasi terlebih dahulu selama satu minggu agar masyarakat tidak kaget dengan sistem ganjil-genap, baru setelahnya akan diberlakukan sanksi untuk yang melanggar,” katanya.

Untuk sementara, sistem ganjil-genap hanya berlaku untuk kendaraan roda empat saja. Sedangkan untuk waktu dan tempatnya masih akan dilakukan evaluasi selama sosialisasi.

“Sementara ini masih berlaku untuk mobil dan untuk motor belum tahu detailnya namun sudah diajukan ke Gubernur. Untuk waktu serta tempatnya masih kita evaluasi,” tutupnya.

Reporter : Jeniedya
Editor : Muhamad Firdaus

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *