Berkat Sukses Gelar Event Olahraga, Sumsel Jadi Tuan Rumah FORNAS VI

Herman Deru (tengah) meresmikan pembukaan Festival Olahraga Rekreasi Nasional (FORNAS) ke-VI di Stadion Gelora Bumi Sriwijaya. Kamis, (09/09/2021). Foto : IST (Detak Palembang)

Palembang – Ukhuwahnews | Berkat sukses menggelar setiap event olahraga, Sumatera Selatan (Sumsel) ditunjuk sebagai Tuan Rumah Festival Olahraga Rekreasi Nasional (FORNAS) ke-VI 2022 mendatang lewat Surat Keputusan (SK) yang ditandatangani oleh Gubernur Sumsel, Herman Deru di Stadion Gelora Bumi Sriwijaya. Kamis, (09/09/2021).

Gubernur Sumsel, Herman Deru mengatakan terpilihnya Sumsel sebagai Tuan Rumah FORNAS merupakan berkah tersendiri. Setiap event yang dilaksankan di Sumsel baik acara nasional ataupun internasional selau mendapatkan pujian.

“Sumsel terpilih karena dikenal sangat ramah, Selain itu, fasilitas olahraga yang dimiliki Sumsel sangat memadai,” jelasnya.

FOPERNAS sendiri adalah pekan olahraga masyarakat, akan ada sebanyak 56 Olahraga masyarakat yang digelar dalam event tersebut. Seperti Paralayang, Gerobak Sodor, bahkan olahraga perahu tradisional atau yang dikenal sebagai Bidar akan turut dipertandingkan pada Juli 2022.

Semua perlombaan akan berpusat di Palembang, tetapi dipersilakan juga untuk kabupaten atau kota lain yang ada di Sumsel untuk ikut andil menjadi tuan rumah beberapa cabang olahraga.

“Kitakan banyak mempertandikan lomba, jadi dipersilahkan untuk daerah yang mampu dan bersedia menjadi tuan rumah,” tuturnya.

Deru juga berharap dengan adanya FORNAS dapat membangkitkan semangat masyarakat Sumsel berkecimpung di tingkat nasional bahkan internasional, meski seharusnya event ini dilakukan pada Tahun 2021.

“Bukan hanya dukungan masyarakat saja yang dibutuhkan, tetapi diharapkan masyarakat harus berpartisipan menjadi pesertanya baik dari desa maupun kota, semua harus turun berpartisipasi. FORNAS VI di Sumsel seharusnya dilakukan di Tahun  2021, tetapi ditunda karena Pandemi dan dilaksanakan di Tahun 2022 mendatang.Kami khususnya warga Sumsel siap untuk menjadi tuan rumah yang baik,” katanya.

Selanjutnya, Menteri Pemuda dan Olahraga, Zainudin Amali mengungkapkan bahwa kini Kementrian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) tidak membedakan atlet difabel dan non-difabel, sehingga masyarakat akan mendapat pencerahan dalam dunia olahraga dan beliau berkeyakinan acara ini akan sukses.

“Sumsel termasuk daerah penghasil atlet olahraga di Indonesia, saya yakin acaranya kan berhasil dan sukses,” tutupnya.

Dalam acara ini Pemerintah Sumsel telah memilih Ikan Belida sebagai maskot FORNAS ke IV, dengan alasan karena Ikan Belida termasuk ikan yang dilindungi, selain itu Pemerintah Sumsel juga mengajak masyarakat untuk menjaga Ikan Belida agar tidak punah.

Reporter : Siti Alicia Zahirah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *