Beni Hernedi Resmi Jadi PLT Bupati Muba

Gubernur Sumatera Selatan, Herman Deru dalam konferensi pers di Griya Agung pada Sabtu malam, (16/10). Ukhuwahfoto/Humaidy Aditya Kenedy.

Sumatera Selatan – Ukhuwahnews | Wakil Bupati Musi Banyuasin (Muba), Beni Hernedi resmi menggantikan posisi Dodi Reza Alex Noerdin sebagai Bupati Muba. Hal tersebut tertuang pada Surat Keterangan (SK) Nomor 130/3105/X/2021 yang dikeluarkan oleh Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel).

Pergantian Bupati Muba disebabkan oleh Dodi Reza yang terjerat kasus Operasi Tangkap Tangan (OTT) oleh Komidi Pemberantasan Korupsi (KPK) akibat kasus dugaan korupsi.

“Saya langsung mengambil langkah agar tidak terjadi kekosongan kepemimpinan di Kabupaten Muba. Saya izin mewakili Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) melalui Dirjen Perda, saya mem-PLT-kan Wakil Bupati Muba,” kata Gubernur Sumsel, Herman Deru pada konferensi pers di Griya Agung pada Sabtu malam, (16/10).

Deru juga menyampaikan hal ini juga telah diatur dalam Undang-undang, jika Kepala Daerah berhalangan maka harus dilegitimasikan dengan SK dari Gubernur atas persetujuan Mendagri.

“Sudah saya tandatangani, seyogyanya akan saya serahkan pada Pukul 21.00, tapi karena hari libur, wakil bupati juga berhalangan hadir karena masih di wilayah kerja. Maka saya sampaikan terlebih dahulu untuk menjaga stabilitas politik keamanan dan ketertiban masyarakat di Muba,” lanjutnya.

Dalam durasi PLT, Deru mengatakan bahwa kuartal pertama akan berakhir di tahun 2022.

“Jika pak Beni bisa memenuhi persyaratan bisa kita definitifkan sebagai Bupati, itu bisa lebih cepat bisa langsung menjadi bupati dan melaksanakan tugas bupati,” tuturnya.

Deru juga menghimbau agar masyarakat Muba bisa tenang dalam keadaan saat ini. Dan menunggu proses hukum bupati.

“Kepada seluruh masyarakat Muba agar tetap tenang, tenang untuk kita sama-sama menunggu proses hukumnya, karena bupati dalam proses hukum OTT. Jika KPK sudah cukup bukti maka bisa lanjut ke pengadilan atau sebaliknya,” pungkasnya.

Reporter: Yuni Rahmawati
Editor: Wisnu Akbar Prabowo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *