AJI Palembang Umumkan Upah Layak Untuk Jurnalis

May Day: AJI Menetapkan Standar Upah Layak Jurnalis di Palembang
(Foto AJI Palembang)

Palembang – Ukhuwahnews | Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Palembang mengadakakan konferensi pers mengenai Rilis Angka Upah Layak Jurnalis Kota Palembang. Konferensi ini dilakukan secara virtual menggunakan aplikasi Zoom pada Sabtu, 1 Mei 2021 yang bertepatan dengan Hari Buruh Internasional Pukul 14.00 WIB.

Ketua Divisi Ketenagakerjaan AJI Palembang, Tasmilanda mengatakan bahwa divisinya sudah melakukan survei sebagai acuan kondisi Jurnalis Palembang. Dan tak hanya itu, Tasmilanda juga melakukan riset diskusi ilmiah untuk mengetahui upah yang pas dan layak.

“Ada 59 orang Jurnalis yang telah menjawab survei, diantaranya 42,4% merupakan Jurnalis yang telah bekerja selama 5 tahun sampai dengan 10 tahun,” jelasnya.

Lebih lanjut, Tasmalida mengatakan dari 59 orang, ada 81% Jurnalis yang merasa gaji atau upah tidak sesuai dengan kebutuhan di Palembang. Bahkan 13% dari 59 orang mendapatkan upah senilai Rp 1.000.000.

“Total upah layak seorang Jurnalis seharusnya sebesar Rp. 5.730.433, sudah termasuk alokasi tabungan 10%. Ini juga sudah termasuk biaya makanan tempat tinggal dan kebutuhan lainnya,” ujarnya.

Tak hanya masalah gaji, Ketua AJI Palembang, Prawira Maulana mengatakan bahwa akan ada posko pengajuan prakara THR.
“Selain merilis angka upah layak jurnalis Palembang 2021, akan ada posko pengajuan prakara THR,” jelasnya.

Prawira mengungkapkan, momen ini sebagai langkah awal kita untuk membentuk Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Pers di Palembang.
“Supaya kerja-kerja jurnalis semakin terlindungi,” tutupnya.

Reporter : Annisa Dwinahari, Odelia Winneke
Editor : Bunga Yunielda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *