AJI Indonesia bersama KBR Kenalkan Podcast Sebagai Media Baru Jurnalistik

Suasana diskusi pengenalan podcast sebabagi media baru jurnalistik.

Ukhuwahnews| Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Indonesia bersama Pemimpin Redaksi (Pemred) Kantor Berita Radio (KBR) mengadakan live streaming di YouTube untuk mengenalkan podcast dan peluang jurnalisme didalamnya, sehingga bisa mengemas informasi berita yang apik dan menarik bagi audience melalui audio. Jum’at (28/08/2020).

Menurut Pemred KBR, Citra Dyah, Podcast berbasis jurnalisme sendiri masih belum terlalu familiar, terlebih sekarang sudah memasuki perkembangan zaman di era teknologi serta digitalisasi.

Akhirnya podcast jurnalisme membawa tonggak baru untuk membawa dunia per-audioan tidak mati dan tetap eksis.

“Jurnalisme berbasis podcast pun termasuk hal yang baru, jadi sebisa mungkin untuk kita mencoba masuk dan menawarkannya kepada audience,” ujar Citra saat siaran live.

Citra menambahkan, untuk memulai podcast jurnalisme sendiri tidak memiliki cara khusus, yang perlu dilakukan yaitu, memberikan dorongan yang lebih besar bagi kebutuhan audience untuk mendengarkan dan mengenal podcast jurnalisme.

“Apa sih seleranya orang Indonesia dan apa yang mereka butuhkan, cari peluang dan melakukan pendekatan kepada audience sehingga audience memiliki kebutuhan untuk mendengarkan podcast jurnalisme, jadi tidak hanya sekedar mendengar podcast hiburan saja.” jelasnya.

Citra juga mengingatkan, meskipun jurnalisme berbasis podcast, melakukan riset dan menyiapkan data tetap dilakukan seperti kegiatan jurnalistik biasanya.”Ada nya host interview dan satu guest sama layaknya wawancara jurnalistiklah, tetap harus riset dan tetap dijaga kualitasnya,” katanya.

Selain itu, Revolusi Riza selaku Host menambahkan, podcast itu sendiri memberikan ruang untuk menghasilkan karya dan juga bisa menjadi ajang berkreasi.

“Artinya, podcast itu memberi ruang untuk kita berkreasi baik dari sisi jurnalistik, sisi fiksi, nonfiksi dan banyak hal yang bisa kita lakukan di podcast ini,” tambahnya.

Senada dengan Riza, Ketua Unit Kegiatan Pers Mahasiswa (UKPM) Teknokra Universitas Lampung, juga menjadikan podcas ini sebagai media belajar dan penyampaian informasi seputar kampus.

Sebenernya, karena pers kampus ini adalah wadah belajar dan penyampai informasi. Jadi Teknokra Unila Podcast ini kita liatnya sebagai alternatif media baru untuk para pendengarnya mendapatkan informasi seputar kampus dan menjadi media belajar juga,” tungkasnya.

Reporter: Khofifah, Duta andini

Editor : Yuni Rahmawati

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *