Guna Lindungi Diri Ketika Liputan, AJI Palembang Bagikan Masker untuk Jurnalis di Palembang

Para Jurnalis yang sudah mendapatkan masker dari AJI Palembang yang dibagikan Selasa kemarin, (21/04/2020). Foto: dok. AJI Palembang.

PALEMBANG – Ukhuwahnews |Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Palembang membagikan masker kain untuk para jurnalis di Palembang. Hal tersebut dilakukan guna melindungi para Jurnalis ketika melangsungkan liputan di lapangan.

“Masker kain ini dibagikan pada para jurnalis yang masih melakukan liputan lapangan karena sebab tertentu,” ujar Pengurus Bidang Advokasi AJI Palembang, Feny Maulia Agustin pada Selasa (21/4/2020).

Feny juga mengatakan adanya masker ini menjadi alat pelindung diri ketika liputan. “Paling tidak masker ini bisa membantu menambah alat pelindung diri (APD) bagi para jurnalis di Palembang,” imbuhnya.

Dirinya menambhakan, pembagian masker ini juga dapat menjadi dorongan untuk perusahaan pers agar selalu memperhatikan keselamatan para jurnalisnya, terlebih lagi selama pandemi COVID-19.

“Perusahaan pers berkewajiban memberikan alat pelindung diri (APD) yang memadai bagi para jurnalisnya di masa pandemi ini,” sambung Jurnalis IDN Times tersebut.

Masker kain dibagikan ke beberapa pos liputan yang ada di Palembang, mulai dari hukum kriminal, pemerintahan sampai ekonomi dan bisnis.

Sebelumnya, kata Feny, Pihak AJI Palembang telah mengeluarkan protokol keselamatan liputan bagi para jurnalis di lapangan guna melindungi para jurnalis dari penularan COVID-19.

“Itu semua untuk melindungi para jurnalis dan keluarganya agar tetap aman dari penularan COVID-19. Protokol berisi panduan mulai dari sebelum liputan, saat liputan dan sesudah liputan” jelasnya.

AJI Palembang bersama organisasi profesi jurnalis lainnya dan perusahaan media di Sumsel juga telah mengeluarkan seruan agar otoritas setempat tidak lagi menggelar konferensi pers langsung.

“Berdasarkan pantaun AJI Palembang, setelah seruan itu dikeluarkan tampaknya konferensi pers tatap muka sudah berkurang. Misalnya saja Gugus Tugas Provinsi Sumsel saat ini sudah menerapkan konferensi pers virtual,” paparnya.

Reporter: Bunga
Editor: Melati Arsika

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *