Gerakan #BersamaLawanCorona: ACT Sumsel Buat Hand Sanitizer Mandiri

Aksi Cepat Tanggap Sumatera Selatan (ACT Sumsel) membuat hand sanitizer mandiri, Kamis, (19/3/20). Ukhuwah Foto/Yuni Rahmawati.

Palembang – Ukhuwahnews|Mengantisipasi pasca menyebarnya pandemi Corona Virus Disease (COVID-19). Aksi Cepat Tanggap Sumatera Selatan (ACT Sumsel) membuat hand sanitizer mandiri, yang nantinya akan dibagikan kepada masyarakat Palembang guna mendukung gerakan #BersamaLawanCorona. Kamis, (19/3/20).

Dalam pembuatannya, salah satu anggota ACT Sumsel, Yoko menyebutkan bahan yang harus disiapkan dalam membuat hand sanitizer alami.

“Ada tiga bahan yang harus disiapkan untuk membuat hand sanitizer mandiri di rumah. Pertama Alkohol dengan takaran 77%, Kedua Pure Aloe Vera atau ekstra tanaman lidah buaya, terakhir Essence Oil 8-10 tetes,” jelasnya.

Yoko menambahkan, pembuatan antiseptik ini cukup mudah dilakukan sendiri di rumah, tetapi untuk bahan utama seperti alkohol saja yang cukup sulit didapat.

Head of Marketing ACT Sumsel, Diwadia mengatakan, saat ini produksi alkohol dan aquades memang terbilang sulit didapat. Karena pemasarannya sudah dibatasi dan harganya cukup mahal.

“Untuk alkohol sendiri dari harga normal Rp. 35.000 sekarang sudah mencapai Rp. 165.000. Karena penjualannya sudah langkah dan dibatasi. Tapi, kami tetap produksi mandiri disini dan nantinya akan kami bagikan kepada masyarakat Palembang,” katanya saat diwawancarai di Kantor ACT Sumsel.

Diwadia juga menambahkan, fungsi dari hand sanitizer itu sendiri adalah mematikan kuman.

“Jadi, walaupun pakai hand sanitizer, kita juga jangan lupa tetap cuci tangan. Karena hand sanitizer hanya membunuh kuman.”

Ia juga mengatakan, nantinya akan membagikan hand sanitizer ke masyarakat dan sekolah-sekolah yang ada di Kota Palembang.

Reporter: Yuni Rahmawati
Editor: Rezzy Saputra

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *