FUSHPI Tambahkan Jurnal Sebagai Tugas Akhir Mahasiswa

Ilustrasi: Ilham Panutan.

UIN RF – Ukhuwahnews | Penambahan Artikel dalam daftar tugas akhir Mahasiswa Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam (FUSHPI) yang diberlakukan pada tanggal 11 Oktober 2020, ternyata dinilai baik dan memiliki banyak manfaat bagi seluruh pihak khususnya mahasiswa.

“Penambahan jurnal ini keputusan yang baik bagi FUSHPI dan juga akan banyak manfaat dari yang ditimbulkan untuk seluruh civitas akademika khususnya di FUSHPI,” ujar Dekan FUSHPI, Prof. Ris’an Rusli saat ditemui di ruangannya, Senin (12/10/2020).

Menurutnya juga, penambahan tersebut tidak memberatkan mahasiswa bahkan memberi manfaat bagi mahasiswa maupun dosen. “Penulisan artikel tersebut ditulis menggunakan judul yang sama dengan skripsi mahasiswa jadi, hanya jenis tulisannya saja yang berbeda,” imbuhnya.

Sebagai Asesor Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT), Ris’an juga mengatakan kalau jurnal ini nantinya akan dikembangkan dan dipublikasikan secara luas dalam lingkup perguruan tinggi.

“Dan ini juga akan menjadi nilai atas kinerja para dosen khususnya dosen pembimbing dan menjadi salah satu penilaian dalam akreditasi program studi,” sampainya.

Bertepatan dengan hal itu, ketua Prorgram Studi (Prodi) Aqidah Filsafat Islam (AFI) Jamhari. S.Ag. M.Fil.I mengatakan bahwa hal ini adalah tindak lanjut kerja sama antara UIN Raden Fatah Palembang dan UIN Raden Intan Lampung.

“Jadi nanti saling tukar karya ilmiah dalam bentuk artikel, dan itu diikuti oleh seluruh mahasiswa akhir FUSHPI tanpa terkecuali,” tegasnya.

Kendati begitu, ia membenarkan jika masih banyak mahasiswa yang kesulitan dalam mengerjakan artikel tersebut.

 “Masalahnya ini masih baru, karena itula FUSHPI mengadakan pelatihan karya ilmiah pada tanggal 7-9 Oktober 2020 lalu, yang dimaksudkan untuk membantu mahasiswa dalam pengerjaannya nanti,” ucapnya.

Senada dengan pernyataan Dekan FUSHPI, mahasiswi semester 7 prodi Studi agama – agama, Yuvita Sari mengatakan, jurnal tersebut dapat meningkatkan mutu tugas akhir mahasiwa FUSHPI dan sebagai umpan balik untuk mendapatkan beasiswa pendidikan ke jenjang selanjutnya.

“Awalnya saya merasa tidak siap tetapi setelah dipahami lagi, justru itu bagus untuk meningkatkan mutu tugas akhir mahasiswa. Jikalau jurnal diterbitkan oleh lembaga terakreditasi, jurnal itu bisa menjadi umpan balik untuk mendapatkan beasiswa pendidikan kejenjang selanjutnya,” jelasnya.

Reporter : Ilham Panutan, Duta Andini
Editor: Melati Arsika

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *