FUSHPI Akan Ganti Skripsi dengan Artikel Jurnal

Ilustrasi: Ilham Panutan

UIN RF – Ukhuwahnews | Melansir dari warta CNN Indonesia, Menteri Agama Fachrul Razi mengizinkan para mahasiswa di seluruh Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) mengganti tugas akhir berupa penyusunan skripsi dengan membuat artikel yang dipublikasikan dalam jurnal milik Kementerian Agama (Kemenag).

“Terkait itu kami akan melakukan sosialisasikepada para dosen dan mahasiswa sebagai tindakan awal dalam wacana pergantian tugas akhir mahasiswa Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam (FUSHPI),” ujar Prof. Ris’an Rusli selaku Dekan FUSHPI, Selasa (13/10).

Lebih lanjut, Kata Ris’an, artikel yang telah diulas oleh jurnal yang terindeks Sinta 2 atau Scopus Q3 dapat dipublikasikan dalam jurnal milik Kemenag.

“Seandainya terdapat artikel mahasiswa yang minta diujikan sebagai pengganti skripsi, kita siap melakukan penelitian ini,” ujar Ris’an yan juga Asesor Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).

Menanggapi hal tersebut, Yuvita Sari selaku mahasiswa jurusan Studi Agama-Agama mengatakan, tidak keberatan dengan pergantian tugas akhir mahasiswa menjadi artikel jurnal.

“Hal ini merupakan kesempatan yang baik untuk mendapatkan beasiswa ke jenjang pendidikan selanjutnya jika artikel mahasiswa yang bersangkutan diterbitkan oleh jurnal terakreditasi,” jelas wakil ketua Dewan Eksekutif Mahasiswa FUSHPI.

Dirinya juga mengatakan, ini merupakan langkah yang baik untuk mengisi kebutuhan jurnal di lingkungan FUSHPI.

“Memang sudah seyogyanya mahasiswa mengenal secara mendalam dan mampu berkontribusi dalam publikasi karya ilmiah melalui jurnal,” pungkas mahasiswa semester tujuh.

Reporter: Syifa Nabila
Editor: Melati Arsika

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *