Usai Dilantik, Ini Profil Ahmad Karaeng Ketua Umum Baru UKMK Litbang

Ketua Umum terpilih UKMK Litbang periode tahun 2021-2022, Ahmad Karaeng sedang menyampaikan kata sambutan dalam acara Pelantikan Kepengurusan dan Seminar Try Out UM-PTKIN yang diadakan di Auditorium Rafa Tower UIN Raden Fatah Palembang. Sabtu (22/5/21). Sumber foto : IST

UIN RF – Ukhuwahnews | Menjadi pemimpin dalam sebuah organisasi adalah tugas sekaligus amanah yang harus dipertanggung jawabkan. Apalagi organisasi dalam lingkup mahasiswa. Hal itulah yang sekarang sedang dirasakan oleh Ahmad Karaeng, Ketua Umum baru Unit Kegiatan Mahasiswa Khusus (UKMK) Lembaga Penelitian dan Pengembangan (Litbang) UIN Raden Fatah.

Ahmad, mahasiswa Program Studi (Prodi) Perbandingan Mazhab semester enam ini diberikan kepercayaan oleh Litbang untuk menahkodai oraganisasi tersebut selama periode 2021-2022. Dirinya menjadi Ketua Umum usai dilantik dalam acara Pelantikan Kepengurusan dan Seminar Try Out UM-PTKIN Litbang di Auditorium Rafa Tower. Sabtu (22/5/21).

Jajaran kepengurusan UKMK Litbang tahun 2021 berikrar sumpah di depan Anggota Litbang dan peserta Try Out UMPTKIN. Sabtu (22/5/2021). Kegiatan ini dilaksanakan di Auditorium Rafa Tower. Ukhuwahfoto/Reza Arya.

Pemuda kelahiran Palembang 21 tahun yang lalu ini selalu mengingat perjungannya, ketika ia mendaftar menjadi kader Litbang. Ahmad bercerita saat itu diarahkan oleh kakak damping. Dan tetap mengingat proses dirinya dalam mengembangkan potensi yang didapat di lembaga tersebut.

“Saya ingat pepatah mengatakan pemuda hari ini adalah pemimpin masa depan. Dari sana saya belajar bahwa siapapun orangnya laki-laki atau perempuan pasti suatu saat nanti menjadi seorang pemimpin, paling kecil mampu memimpin keluarga,” ujarnya.

Dari pepatah itulah ia optimis maju mengemban amanah memimpin Litbang satu tahun kedepan.

“Amanah itu tidak perlu dicari, tapi ketika amanah telah dilimpahkan pantang untuk lari,” katanya menambahkan.

Dari awal masuk UIN Raden Fatah, ia menetapkan pilihannya untuk mengikuti organisasi Litbang. Hal yang membuat dirinya tetap bertahan hingga sekarang ialah dukungan dari senior dan teman-temannya.

“Saya pernah mengingat ucapan dari senior di lembaga ini mengatakan bahwa jika kaki satu masuk kedalam lumpur maka akan kotor. Jadi agar tidak setengah-setengah terjunlah dua-duanya,” ujar pemuda yang tinggal di Komplek Srigading, Talang Kelapa, Banyuasin ini.

Pengalaman dirinya di Litbang sudah cukup banyak, ia pernah mengemban amanah menjadi Ketua Himpunan Mahasiswa jurusan Perbandingan Mazhab melalui delegasi Litbang. Hingga diberi amanah menjadi Ketua Pelaksana Pendidikan Dasar tahun 2020.

Tak lupa pemuda yang memiliki darah bugis ini, memiliki visi dan misi untuk mencapai hasil yang baik dalam mengupayakan kinerja lembaga dan kaderisasi anggota.

“Visi yang akan saya tujukan pertama menjadikan suatu wadah bagi mahasiswa di bidang ilmiah, menjadi sarana untuk membangun karakter bagi mahasiswa terkhusus kader UKMK Litbang, menghidupkan bakat dan minat berorganisasi,” kata Ketua Umum baru Litbang ini.

“Sedangkan misi yang saya tuju pertama mengembangkan minat dan bakat, mengembangkan potensi diri demi suksesnya dalam berorganisasi dan kuliah serta meningkatkan rasa kekeluargaan,” tambah pemuda yang lahir diurutan ketiga dari enam bersaudara.

Dirinya juga merasa tertantang dalam menghadapi situasi pandemi yang saat ini melanda dunia. Hal ini membuat masa awal kepemimpinannya akan mengalami transisi ditengah pandemi.

“Kita akan membiasakan diri di situasi transisi ini. Itu tidak boleh jadi alasan kita agar tak semangat berorganisasi. Saya berharap agar kedepannya Litbang semakin maju lewat kadernya, sesuai moto UIN Raden Fatah berjaya dan mendunia,” pungkasnya.

Reporter : M Reza Arya Pramudya
Editor : Muhamad Firdaus

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *