DAMPAK COVID–19, PROKER UKMK UIN RF DITUNDA SERTA DANA DITARIK OLEH PEMERINTAH

Ilustrasi
Desain : Jaiwan Nada Rismin

UIN RF – Ukhuwahnews | Buntut panjang dari pandemi Covid–19 menyebabkan banyak kegiatan Unit Kegiatan Mahasiswa Kampus (UKMK) UIN Raden Fatah (UIN RF) yang tertunda bahkan ditiadakan serta penarikan dana oleh pemerintah.

Dalam wawancara melalui sambungan telepon, Wakil Rektor III UIN RF, Rina Antasari menjawab terkait nasib UKMK di masa pandemi ini. Pihak kampus sudah memeberikan Surat Keputusan (SK), dan setiap UKMK memiliki pola program kerja di masa pandemi ini.

“UKMK sudah dibagikan SK Tahun 2020, terkait aturan tidak boleh melakukan kegiatan yang melibatkan banyak orang. Untuk program kerja boleh tetap dijalankan secara daring,” ujarnya pada Minggu, (12/07/20).

Untuk pendanaan tahunan bagi UKMK, Rina menjelaskan, saat ini semua dana sedang ditarik oleh pemerintah.

“Untuk kepastian dana tahun ini saya tidak bisa memastikan tidak ada atau ada, karena yang menarik dana adalah negara,” katanya.

Selaras dengan itu, Pembina UKMK Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Ukhuwah Ruliansyah mengatakan, untuk kegiatan berkumpul yang melibatkan banyak peserta ditunda serta agenda kerja UKMK dilaksanakan secara online sesuai dengan edaran rektorat.

“Yang saya harapkan kepada semua UKMK adalah kegiatan atau agenda kerja tetap dilaksanakan secara daring, malah bisa melibatkan peserta dari luar kampus. Cari ide-ide kegiatan yang tetap menjaga dan mengikuti protokol kesehatan,” jelasnya.

Hal ini juga ditanggapi oleh Ketua UKMK Hockey UIN RF, Rahmat Kurniawan, Ia menjelaskan karena adanya pandemi Covid-19 ini, semua kegiatan yang selama ini berjalan mengalami perubahan seperti latihan rutin dan kegiatan kejuaraan.

“Kendala yang dihadapi yaitu saat perekrutan kader, ospek pun belum pasti dilaksanakan seperti biasanya. Diskusi pun harus melalui aplikasi zoom atau grup yang belum tentu bisa diikuti setiap anggota, karena keterbatasan akses mulai dari sinyal hingga kuota,” pungkasnya.

Reporter : Delta dan Dinda

Editor : Yuni Rahmawati

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *