Bus Transmusi Jaya Sosialisasikan Kartu Pembayaran Non Tunai

Salah seorang penumpang sedang menempelkan kartu pembayaran non tunai saat menaiki Bus Transmusi Jaya. Rabu, (14/10/20). Ukhuwahfoto/ Khofifah

Palembang – Ukhuwahnews | Bus Transmusi Jaya memberlakukan masa percobaan sekaligus sosialisasi pada masyarakat Kota Palembang terkait pembayaran sistem non tunai dengan menggunakan kartu E-Money. Rabu, (14/10/20).

Tim Pengawas Transmusi, Sumitro menuturkan jika penggunaan kartu e-money sebagai alat pembayaran pengganti uang tunai tersebut sampai saat ini belum terlalu masif. Diketahui oleh masyarakat Palembang bahwa Bus Transmusi Jaya masih diberlakukan gratis selama pandemi.

“Saat menggunakan kartu, kalaupun potongan naik bus transmusi jaya sekarang masih gratis sampai Bulan Desember. Jika ada masyarakat yang belum memiliki kartu dan tidak mengetahui, oleh karenanya dari sekarang kita mulai sosialisasi. Ketika nantinya berbayar masyarakat sudah memiliki kartu semua,” tuturnya.

Tidak hanya itu, Ia juga menambahkan, terkait potongan saldo yang akan ditarifkan, kemungkinan dibawah harga tiket karcis sebelumnya. Jumlah minimal pengisian saldo juga akan kita tarifkan minimal 50 ribu untuk setiap pengisian.

“Mengenai potongan saldo yang ditarifkan akan lebih murah dari pembayaran tunai yang sebelumnya membayar Rp. 5000, kemungkinan bisa membayar sekitar Rp. 2.500 atau  Rp. 3000, hanya saja untuk kepastiannya belum tahu,” tambahnya.

Kemudian, Sumitro memberitahukan kartu tersebut multi fungsi, masyarakat dapat memanfaatkannya bukan hanya berlaku untuk naik bus Transmusi saja, namun dapat berguna sebagai alat pembayaran lain yang sangat efektif penggunaannya.

“Kegunaan kartu e-money bisa digunakan naik Bus Transmusi, bayar tol. Kemudian belanja dan pasti bermanfaat, jika kita keluar kota pun masih bisa digunakan. Jauh lebih efektif menggunakan kartu karena menghindari penyelewengan uang cash jika masih sistem tiket,” jelasnya.

Senada dengan hal tersebut penumpang Bus Transmusi Jaya, Dita mengungkapkan penggunaan kartu e-money lebih baik dibanding dengan karcis dan lebih menguntungkan.

“Malah lebih bagus kalau pakai kartu, sebenarnya lebih simple dan juga hemat. Cuma sekali tempel dan tidak ada batasannya juga, tidak ribet seperti pakai karcis. Lebih menguntungkan buat penumpang,” pungkasnya.

Dita mengharapan semoga transportaai Kota Palembang tetap memberikan kenyamanan bagi penumpang.

Reporter : Khofifah
Editor : Yuni Rahmawati

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *