World Mental Health Day: Pentingnya Menjaga Kesehatan Mental Masyarakat Dunia

Sumber foto: Pixabay

Tepat pada hari ini, setiap tahunnya pada 10 Oktober ditetapkan sebagai Hari Kesehatan Mental Sedunia atau World Mental Health Day. Hari Kesehatan Mental Sedunia juga berupaya untuk memberikan perhatian pada isu kesehatan mental yang memengaruhi kehidupan sosial masyarakat di dunia.

Peringatan ini dicetuskan pertama kali oleh Richard Hunter, Wakil Sekretaris Jenderal Federasi Dunia untuk Kesehatan Mental (WFMH) pada 10 Oktober 1992. WFMH adalah sebuah organisasi internasional yang berfokus pada isu-isu kesehatan mental.

Peringatan Hari Kesehatan Mental Sedunia ini bertujuan untuk memberikan edukasi kesehatan mental kepada masyarakat serta melawan stigma sosial. Setiap tanggal 10 Oktober setelah peringatan pertama pada 1992, ada banyak pendukung yang datang untuk turut merayakan peringatan Hari Kesehatan Mental Sedunia.

Mengutip dari situs resmi WHO, Pada tahun ini Hari Kesehatan Mental Sedunia mengusung tema “Mental health care for all: let’s make it a reality” atau perawatan kesehatan mental untuk semua: mari kita wujudkan. WHO mengkampanyekan perawatan kesehatan mental untuk semua orang tanpa terkecuali.

Pandemi COVID-19 berdampak besar pada kesehatan mental masyarakat. Beberapa kelompok, termasuk tenaga kesehatan dan pekerja garis depan lainnya, pelajar, orang yang tinggal sendiri, dan mereka yang memiliki kondisi kesehatan mental yang sudah ada sebelumnya, sangat terpengaruh.

Pada masa pandemi ini, layanan untuk gangguan mental, neurologis dan penggunaan zat telah terganggu secara signifikan. Namun, bukan berarti tak ada solusi untuk hal ini selama Majelis Kesehatan Dunia dan pemerintah menyadari perlunya meningkatkan kualitas layanan kesehatan mental. Berikut cara menjaga kesehatan mental:

1. Konsumsi Makanan Bergizi

Sumber foto: diadona.id

Asupan nutrisi yang tepat dapat memainkan peran utama dalam mengurangi depresi. Ya, dengan mengonsumsi makanan bergizi kemungkinan terkena gangguan kesehatan mental akan kecil.

2. Meluangkan Waktu Sendiri

Sumber foto: Rukita.co

Me time atau meluangkan waktu sejenak untuk diri sendiri penting untuk kesehatan dan kesejahteraan mental seseorang.

3. Menjaga komunikasi dengan kerabat

Sumber foto: Pixabay

Mengobrol dengan orang terdekat dan tersayang dapat membantu menjaga kesehatan mental selama masa pandemi. Anda juga bisa berbagi cerita mengenai kekhawatiran dan kecemasan yang sedang dirasakan. Hari ini membantu tekanan yang Anda rasakan menjadi berkurang sehingga menjadi lebih tenang.

4. Bijak dalam memilih informasi

Sumber foto: Eanovate

Membaca berita yang buruk memiliki dampak negatif bagi kesehatan mental. Perlu diingat bahwa Anda harus bijak dalam menerima informasi. Anda dapat melakukan diet media untuk meningkatkan kesehatan mental dan merasa lebih baik.

Penulis: Wiardini Yuli
Editor: M. Firdaus

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *