Read Time:2 Minute, 19 Second

Artikel – Ukhuwahnews | Kopi menjadi salah satu minuman pilihan bagi banyak orang di setiap aktivitas harian. Minuman ini sendiri di buat dari biji kopi yang memiliki cita rasa yang pahit serta mengandung antioksidan yang menyehatkan bagi tubuh.

Akan tetapi, kebiasaan minum kopi ini bisa berdampak buruk bagi kesehatan karena cara pembuatan dan cara minum yang kurang tepat.

Agar bisa kamu tetap minum kopi secara nikmat dan sehat, simaklah beberapa tips sehat minum kopi sebagai berikut.

1. Pilih biji kopi berkualitas

Ada banyak jenis biji kopi yang di olah secara organik maupun non organik. Pilih jenis kopi organik, karena jenis kopi ini berasal dari biji yang di tanam tanpa bahan kimia sama sekali, tentunya hal ini membuat kopi organik lebih sehat untuk di konsumsi.

Lalu, hindari minum kopi instan, di sebabkan kopi instan sering mengandung gula buatan dan pengawet. Sebaiknya pilih biji kopi alami dan seduh sendiri untuk memastikan kualitasnya.

Baca juga: Ungkap Rahasia Sukses Membangun Bisnis Model untuk Media Lokal

2. Hindari minum kopi di sore hari

Minuman kopi mengandung zat kafein tinggi yang bisa di dapatkan secara alami. Oleh karena itu, jangan heran, setelah minum kopi kamu akan jadi lebih berenergi dan tetap terjaga, meskipun dalam kondisi sudah lelah.

Karena itulah, sebaiknya minum kopi maksimal di jam dua sampai tiga sore karena akan dapat mengganggu kualitas tidurmu, kamu bisa mengganti kopi dengan kopi tanpa kafein atau teh yang mengandung lebih sedikit kafein di bandingkan kopi biasa.

3. Minum kopi tanpa gula tambahan

Sebaiknya, hindari minum kopi dengan menggunakan gula buatan, mulai dari cappuccino, caffe latte, hingga es kopi susu yang sering di sediakan di gerai kopi atau kafe.

Memang, setiap orang punya kopi favorit yang berbeda-beda. Namun, sebaiknya jangan menambahkan terlalu banyak gula tambahan ke dalam kopi, karena bisa meningkatkan risiko terkena diabetes dan obesitas.

4. Hindari minum kopi dengan perut kosong

Apakah kamu memiliki kebiasaan minum kopi di pagi hari atau sebelum sarapan? di sarankan, kamu lebih berhati-hati, karena kopi bersifat asam sehingga dapat memicu peningkatan asam lambung dan menyebabkan keluhan nyeri ulu hati.

Solusinya apabila kamu punya riwayat sakit maag, maka hindari minum kopi secara berlebihan lalu kamu bisa sarapan lebih dahulu sebelum minum kopi.

5. Seduh kopi menggunakan filter kertas

Kopi yang di seduh mengandung senyawa cafestol yang dapat meningkatkan kadar kolesterol di dalam tubuh. Untuk menguranginya, kamu cukup gunakan filter (kertas saring), walaupun tidak semua cafestol terfilter, namun cara ini terbukti efektif untuk mengurangi jumlah cafestol.

Namun, apabila kamu punya riwayat penyakit hipertensi, diabetes, dan pengentalan darah tinggi sebaiknya hindari minum kopi karena kandungan cafestolnya.

Itulah tadi, penjelasan mengenai cara minum kopi yang baik dan lebih sehat, agar kamu bisa menghindari berbagai efek samping dan risiko kesehatan di saat meminum kopi.

Penulis: Ahmad Hafiizh Kudrawi
Editor: Marshanda

About Post Author

Marshanda

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Previous post Ungkap Rahasia Sukses Membangun Bisnis Model untuk Media Lokal
Next post Foto: UIN RF Palembang Kurban Sembilan Sapi Dua Kambing