Tips Aman Bawa Banyak Barang Saat Mudik Pakai Motor

Desain by Aisyah Safitri.

Mudik telah menjadi tradisi bagi masyarakat Indonesia pada saat Hari Raya Idulfitri atau momen hari cuti bersama lainnya. Selain itu, masyarakat juga banyak yang berpergian menggunakan beragam sarana transportasi. Salah satunya sepeda motor, yang diperkirakan akan menjadi moda transportasi yang paling banyak digunakan masyarakat.

Namun, salah satu masalah saat berpergian mudik menggunakan kendaraan roda dua ini karena hanya sedikit ruang untuk membawa barang. Sehingga pemudik harus lebih memperhatikan dan bijak dalam mengemas barang bawaan yang disertakan selama perjalanan, dan mencegah ketidakseimbangan terganggu pengendara yang dapat memicu celaka.

Berikut beberapa tips berkendara menggunakan motor dengan membawa barang yang banyak yang dikutip dari inibaru.id.

  • Hindari membawa barang dengan berat berlebihan

Dalam hal ini sangat perlu menyesuaikan berat bawaan dengan kapasitas motor dan kekuatan diri. Karena berat barang yang berlebihan dapat memperlambat laju motor dan tubuh pengendara juga akan menahan lebih yang menyita banyak tenaga.

  • Lebar barang bawaan tidak melebihi setang motor

Barang yang lebarnya melebihi setang motor dapat membuat pengendara sulit melihat kaca spion dan terhambat untuk menggerakan setang ketika akan berbelok selama perjalanan.

Baca Juga: Lakukan Ini untuk Raih Keberkahan di Malam Lailatulqadar

  • Pastikan barang bawaan tidak menutupi lampu sein dan lampu rem

Pastikan tidak menutupi lampu sein dan lampu rem ketika meletakan barang-barang di bagian belakang jok motor. Hal tersebut dapat menimbulkan bahaya keselamatan diri dan pengendara lain karena terhalang melihat lampu tersebut serta dapat memicu terjadinya kecelakaan.

  • Mengikat kuat barang bawaan

Sebelum memulai perjalanan, pastikan barang bawaan telah diikat dengan tali yang kuat dan tidak mudah putus, supaya perjalanan akan aman dan nyaman tanpa khawatir membenarkan posisi barang bawaan selama di perjalanan.

  • Tinggi barang bawaan tidak lebih dari punggung pengemudi.

Hal ini dikarenakan dapat berimbas pada kestabilan laju motor. Sehingga disarankan bagi pemudik yang menggunakan motor, selain menggunakan tas jinjing juga dianjurkan lebih memanfaatkan tas punggung untuk mengemas barang bawaan.

Itulah beberapa tips apabila hendak mudik menggunakan motor serta membawa banyak barang meskipun motor tidak memiliki banyak ruang yang bisa dimanfaatkan.

Selain itu, jangan lupa untuk memastikan barang bawaan terkemas dengan baik dan menggunakan perlengkapan berkendara demi keamanan dan kenyamanan selama perjalanan. Selamat mudik!

Penulis: Desi Sari Cahyani (Pengurus LPMUkhuwah)
Editor: Annisa Dwilya Budaya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *