Tidur Dengan Lampu Menyala, Bahayakah Bagi Tubuh?

Halo Sahabat Ukhuwah! Pasti menurut kalian tidur merupakan aktivitas wajib yang dilakukan manusia untuk mengistirahatkan badan dan kesadarannya.

Sahabat Ukhuwah saat tidur pada malam hari termasuk orang yang tidur dengan lampu padam atau menyala? Sebagaian besar orang pasti lebih nyaman dengan lampu padam. Namun, ada beberapa orang takut akan kegelapan maka dari itu, mereka memilih tidur dengan lampu yang menyala.

Eits, ternyata tidur dengan lampu yang menyala ternyata dapat menimbulkan beberapa efek tidak baik bagi tubuh loh. Berikut ini penyakit yang akan ditimbulkan beserta dengan alasannya:

Obesitas
Dalam hal ini apabila kita tidur dengan lampu menyala dapat mempengaruhi hormon dan proses biologis seseorang, yang dapat mengakibatkan selera makan meningkat, lalu makan dengan porsi yang besar.

Baca juga: KKN ke-77, UIN RF Akan Lepas 2000 Mahasiswa ke Kota Prabumulih

Insomnia dan depresi
Dua hal yang saling berhubungan dimana Insomnia terjadi akibat paparan cahaya yang mengakibatkan turunnya hormon melantonin di otak yang memiliki fungsi saat tidur. Jika seseorang mengalami insomnia tersebut rentan membuat anda mengalami depresi.

Meningkatkan tekanan risiko penyakit kronis
Pada saat menyalakan lampu saat tidur hormon melatonin anda di tekan yang mengakibatkan turunnya suhu dan tekanan darah meningkat. Hal tersebut dapat menyebabkan terjadinya risiko penyakit kronis contohnya saja tekanan darah tinggi (hipertensi), jantung, stroke, dan diabetes tipe 2.

Namun jika kamu tidak bisa tidur dalam keadaan lampu padam, biasakan untuk lakukan hal ini sebelum tidur ;

  1. Sebagai awalnya gunakan lampu merah remang – remang terlebih dulu, jika sudah mulai terbiasa kamu bisa mematikan lampu dan tidur dengan lampu yang padam.
  2. Gunakan tirai kamar gelap agar menutupi cahaya dari luar.
  3. Terakhir kamu harus mulai terbiasa untuk tidur dengan jam yang teratur agar keesokan harinya tubuhmu segar.

Penulis: Nadia Riska
Editor: Siti Alicia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *